Warga Katulamapa Bogor menggelar Festival Kawani untuk memeriahkan peringatan Hari Air se-Dunia 2018.

BOGOR (Bisnis Jakarta) – Festival Kawani dalam rangka mempringati hari Air se-Dunia digelar warga di Kampung Berbudaya, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. Kamis, (22/03). Ketua Pelaksana Kegitan Festival Kawani, Daniel Oskar mengatakan, Festival Kawani di Kapung Katulampa tersebut sengaja digelar untuk tujuan menumbuhkan kesadaran bersama dalam upaya menjaga kelestarikan alam sekitar, khusunya di hulu kali Ciliwung agar tetap tergaja dan lestari. “Momentum peringatan hari Air se-Dunia yang jatuh pada hari ini, kami ingin membangun kesadaran bersama dalam berbudaya menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar yang coba kita ungkapkan dalam sebuah ajang kreativitas Festival Kawani,” kata Daniel.

Festival Kawani, terlahir dari ide kreativ para pemuda dan warga di Kapung Katulampa untuk bersama-sama menumbuhkan kesadaran bersama untuk terus menjaga kelestarian ekosistim dan lingkungan di kawasan hulu kali Ciliwung agar tetap bersih, indah dan lestari. “Kalau mendengar kata Katulampa, kita akan langsung terbayang dengan banjir Kirimannya ke Jakarta selama ini. Padahal di sini banyak sekali potensi dari masyarakatnya yang ini semua bisa dikembangkan untuk kebaikan bersama. Intinya kalau bukan dimulai dari kita siapa lagi? Dan kami berharap melalui Festival Kawani inilah potensi dan budaya di Katulmpa Bogor ini akan dikenal masyarakat luas,” ujarnya.

Rangkain kegiatan dalam Festival Kawani di Kampung Berbudaya Katulmapa Bogor tersebut, sebetulnya telah dimulai sejak tanggal 17-22 Maret 2018. Acaranya sendiri dipusatkan di sekitar lokasi Bendung Katulampa.

Dalam Festival tersebut disisi dengan berbagai acara dan kegitan warga, mulai dari diskusi warga tentang budaya Kawani, pembangunan saung Kawani, pengobatan gratis, gotong-royong membersihkan sampah di sekitar lokasi Bendung Katulmpa dan kegiatan lainnya. “Karena pada hari ini merupakan acara puncaknya, maka kami sengaja mengemasnya sedemikian rupa sehingga para pengunjung dan tamu undangan dapat bersama-sama berkeliling kampung untuk menikmati dan melihat keramahan suasana desa penuh warna-warni, seperti halnya kehidupan warganya yang juga penuh warna dan budaya,” jelasnya.

Dalam Festival tersebut, semua pengunjung usai menikamati suasana wisata Kampung Kawani, sambil istirahat dan makan siang, panitia juga menyuguhkan berbagai acara hiburan di atas panggung Ekspresi yang menampilkan keberagaman budaya dan kesenian yang ada di Kampung Berbudaya Katulamapa. (bas)