Kopenhagen ( Bisnis Jakarta ) – Pemain sayap Denmark Pione Sisto melakukan pertunjukan spektakuler sebelum mencetak gol internasional pertamanya untuk mengamankan kemenangan 1-0 atas 10 pemain Panama di Stadion Brondby, Kamis, dalam pertandingan persahabatan diantara tim-tim yang akan tampil di Piala Dunia.

Sisto mencetak satu-satunya gol pada menit ke-69, empat menit setelah pemain depan Panama Blas Perez mendapat kartu merah atas aksinya berebut bola yang membahayakan Kasper Schmeichel saat kiper Denmark itu meninggalkan gawangnya untuk menghalau bola dengan kepala.

Tuan rumah mengambil keuntungan dengan keunggulan jumlah pemain dengan Sisto diberi kebebasan untuk berlari menggiring bola melewati bek Panama yang membuat pertahanan berlapis sebelum melepas tendangannya.

Denmark, yang selama ini bermain menyerang dalam pertandingan-pertandingan kualifikasi pertama mereka di bawah manajer asal Norwegia Age Hareide, mengubah gayanya saat melawan Panama, yang juga akan berada di Piala Dunia pertama mereka ketika final di Rusia dimulai pada Juni.

Yussuf Poulsen menyia-nyiakan peluang emas untuk menempatkan tuan rumah unggul lebih awal, melepaskan tembakkan langsung ke arah kiper Jaime Penedo dalam satu-satunya serangan yang diciptakan melalui umpan cantik Nicolai Jorgensen.

Kemampuan dribbling Sisto dan berbagai pergerakan secara teratur membawa penggemar tuan rumah mendukung mereka di babak pertama, tetapi kemudian Denmark harus berjuang keras menangkal gelombang serangan Panama.

Michael Murillo memiliki peluang terbaik Panama pada saat awal pertandingan, tetapi tendangan volinya belum membuat kesulitan berarti bagi Schmeichel.

Ada banyak tekel kuat selama pertandingan tetapi Perez terpaksa diberhentikan karena ia terlalu tinggi mengangkat kaki saat akan berebut bola dengan kiper.

Sisto, yang bermain untuk klub Spanyol Celta Vigo, akhirnya memberi tuan rumah keunggulan, mengirim bola langsung ke kotak penalti dengan kaki kanannya hingga melambung ke sudut jauh gawang.

Denmark akan bertemu Peru dalam pertandingan pembukaan Piala Dunia Grup C pada 16 Juni sebelum menghadapi Australia dan Prancis.

Panama berada di Grup G dan akan membuka pertandingan pertama mereka melawan Belgia pada 18 Juni sebelum bertemu Inggris dan Tunisia.(ant)