Amsterdam ( Bisnis Jakarta ) – Pemain bertahan Liverpool Virgil van Dijk ditunjuk menjadi kapten timnas Belanda oleh manajer Ronald Koeman pada Kamis, sehari menjelang pertandingan perdana timnas di bawah asuhannya melawan Inggris.

Van Dijk, yang pernah bermain di bawah arahan Koeman di Southampton, menjadi pemain bertahan termahal di dunia ketika ia diboyong Liverpool pada Januari dengan transfer senilai 75 juta pound.

Pemain 26 tahun itu menggantikan Arjen Robben sebagai kapten setelah pemain sayap Bayern Munich itu mengundurkan diri dari sepak bola internasional pada Oktober.

“Menjadi kapten Belanda merupakan sesuatu yang sangat istimewa,” kata Van Dijk pada konferensi pers yang berlangsung pada Kamis. “Saya berharap saya dapat melakukannya dan semakin baik setiap harinya.” Bek tengah itu akan memimpin Belanda wajah baru pada pertandingan perdana Koeman, ketika Belanda ingin menghapus kekecewaan akibat gagal lolos ke Piala Dunia tahun ini.

Van Dijk juga akan berhadapan dengan sejumlah rekan setimnya di Liverpool pada pertandingan persahabatan yang berlangsung Jumat di Amsterdam, termasuk kapten klub Kordan Henderson, sesama pemain bertahan Joe Gomez, dan gelandang Alex Oxlade-Chamberlain serta Adam Lallana.

“Itu akan menjadi pertandingan istimewa,” tambah Van Dijk. “Ini merupakan awal besar bagi kami, sedikit seperti start ulang, dan kami harus memperlihatkan apa yang kami kerjakan.”(ant)