Jayapura ( Bisnis Jakarta ) – Polres Jayapura Kota dibantu aparat TNI setempat menerjunkan personil gabungan sebanyak 459 orang guna mengamankan jalannya laga Gojek Liga I antara tuan ruan rumah Pesipura Jayapura menjamu Persela Lamongan.

Kabag Ops Polres Jayapura Kota AKP Leonardo Yoga SIK ditemuai Antara di Kota Jayapura, Sabtu siang atau beberapa jam sebelum laga ‘kick off’ yang akan digelar di Stadion Mandala Kota Jayapura mengatakan ratusan personil tersebut juga akan membantu kelancaran arus lalu lintas.

“459 personil itu terdiri dari 319 Polri dari Polres Jayapura Kota, Sabhara dan Brimob Polda dan 140 aparat TNI dari Kodim Jayapura, Mariniri dan polisi militer. Personil ini juga didukung dengan satu unit kendaraan taktis barakuda, satu unit kendaraan water canon, dan kapal cepat C3 untuk escape,” katanya.

Personil sebanyak itu, kata dia, akan disebar disejumlah titik tertentu yang ada di luar lapangan dan luar Mandala.

“Sesuai hasil rapat kemarin dengan Panpel Persipura, personil yang diterjunkan ini berseragam yang akan menyebar, tidak di zona mixone yang bebas rokok. Dan jika ada yang merokok akan kenda denda oleh Inspektor Pertandingan,” katanya.

Mengenai penonton yang dilarang membawa masuk kemasan botol mineral oleh Panpel Persipura yang mengacu pada aturan yang diberikan oleh pengelola liga, Leonardo sampaikan personil yang diterjunkan siap membantu mengarahkan para penonton.

“Makanya kami sampaikan agar panitia yang bertugas tidak datang terlambat sehingga polisi bisa meminimalisir botol mineral yang dibawa oleh penonton dengan kemasannya diganti plastik,” katanya.

Sementara terkait kelancaran arus lalu lintas, Leonardo menyampaikan bahwa hal itu akan diatur sedemikian rupa, apakah nanti dipakai sistem buka tutup jalur atau ditutup sebagian jalur lalu lintas.

“Nanti kami lihat dilapangan seperti apa. Yang pasti kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait sehingga kami harapkan agar para penonton yang bawa kendaraan bisa tertib dalam berlalu lintas dan saat parkir kendaraannya,” katanya.

Leonardo juga berharap agar masyarakat yang datang menonton bisa menjaga ketertiban selama jalannya laga antara kedua tim kesebelasan sehinga bisa berlangsung dengan aman dan lancar.(ant)