Washington ( Bisnis Jakarta ) – Harapan juara enam kali Novak Djokovic untuk memperbaiki peruntungannya musim ini di Miami Terbuka berakhir pada putaran kedua, ketika ia disingkirkan oleh petenis Prancis Benoit Paire pada Jumat dengan skor 3-6, 4-6.

Kekalahan ini menghentikan laju 16 kemenangan beruntun unggulan kesembilan asal Serbia, yang juga tersingkir pada putaran kedua Indian Wells, di turnamen ini. Sebelum pertandingan, Djokovic mengatakan bahwa siku kanannya telah bebas dari rasa sakit untuk pertama kalinya dalam kurun waktu yang lama.

Ia memenangi turnamen ini pada 2014, 2015, dan 2016 namun absen pada ajang tahun lalu karena cedera siku.

Kekalahan ini juga menghentikan laju 21 kemenangan beruntun mantan petenis peringkat satu dunia ini atas petenis-petenis Prancis.

Paire, yang kalah pada satu-satunya pertemuannya dengan Djokovic, mencatatkan sembilan ace berbanding dua ace milik petenis Serbia itu, dan memenangi 71 persen poin-poin servicenya.

Sementara itu, unggulan kedua asal Kroasia Marin Cilic melaju ke putaran ketiga dengan kemenangan 7-5, 6-3 atas petenis Prancis Pierre-Hugues Hebert.

Namun kejutan-kejutan awal ini tidak berakhir dengan kekalahan Djokovic.

David Goffin tidak kembali dengan sukses dari cedera matanya, unggulan ketujuh asal Belgia itu kalah 0-6, 1-6 dari petenis Portugal Joao Sousa.

Petenis wild card AS Michael Mmoh memberikan kejutan lain, menaklukkan unggulan ke-12 Roberto Bautista Agut dengan skor 7-6(4), 2-6, 6-4 dalam dua jam 43 menit. Mmoh mendulang kemenangan meski kalah delapan game secara beruntun setelah meraih satu set dan unggul 2-0.

Diego Schwartzman dan Milos Raonic juga melaju ke putaran selanjutnya Petenis Argentina Schwartzman, yang merupakan unggulan ke-13, tampil dominan atas petenis Chile Nicolas Jarry untuk menang 6-3, 6-1 sedangkan unggulan ke-20 Raonic, finalis Wimbledon 2016, melaju ke putaran ketiga berkat kemenangan 6-3, 6-3 atas petenis Swedia Mikael Ymer pada pertandingan yang berlangsung 66 menit.

Petenis Kanada itu melepaskan 16 ace berbanding empat untuk Ymer, dan memenangi 78 persen poin-poin serve pertamanya.(ant)