Amsterdam ( Bisnis Jakarta ) – Inggris mengakhiri sejarah panjang tanpa kemenangan selama 22 tahun atas Belanda berkat gol Jesse Lingard saat unggul 1-0 setelah menampilkan permainan yang berkualtias dalam pertandingan persahabatan, Jumat.

Tim asuhan Gareth Southgate yang siap bertanding di Piala Dunia itu lebih unggul untuk sebagian besar pertandingan, terorganisir dan terkendali. Gol berhasil diciptakan gelandang Manchester United Lingard pada menit ke-59 untuk mengamankan kemenangan pertama mereka atas Belanda sejak Euro 1996.

Belanda, yang masih terpukul karena absen pada putaran final Piala Dunia tahun ini di Rusia setelah kegagalan kedua berturut-turut untuk lolos ke kejuaraan besar, tersisa dengan sedikit semangat pada awal laga di bawah manajer baru Ronald Koeman.

Tim tuan rumah sempat mendapat keberuntungan setelah turun minum ketika terjadi pelanggaran pada Marcus Rashford di area penalti, namun peluang itu di sia-siakan.

Namun demikian, para pendukung tuan rumah juga patut mendapat penghargaan untuk sikap mereka yang menerima kekalahan timnya, saat terjadi serangan setelah bola lepas jatuh ke Lingard, yang kemudian melepas tembakan dengan kaki kanan dari luar kotak penalti hingga menghasilkan gol internasional pertamanya di tim senior.

Hasil ini, dan yang lebih penting, penampilan meyakinkan dari beberapa pemain pilihan Southgate diharapkan mampu memberikan dorongan kepada pelatih Inggris, yang turut berada di tim saat terakhir mengalahkan Belanda 4-1 di Wembley tahun 1996.

Inggris juga belum pernah menang di Amsterdam sejak 1969.

Southgate memiliki satu pertandingan persahabatan lagi melawan Italia pada Selasa sebelum ia menyelesaikan skuadnya untuk Piala Dunia Rusia.(ant)