Presiden Ingin Hidupkan Kembali Film Anak

JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Presiden Joko Widodo ingin menghidupkan kembali film nasional untuk anak-anak. “Bapak Presiden sudah dua kali telepon saya kegelisahan beliau tentang tidak ada film anak, tidak ada lagu anak, padahal film nasional sedang naik. Kebetulan mbak Mira dan saya menghidupkan kembali film nasional, melalui film anak petualangan Sherina dan lagu anak. Jadi kita menghidupkan lagi dengan orang yang berkompeten,” kata Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia Triawan Munaf di lingkungan istana Presiden Jakarta, Jumat.

Triawan datang ke Istana bersama dengan produser film Mira Lesmana untuk bertemu Presiden Joko Widodo. Mira Lesmana memproduseri Petualangan Sherina pada 2000 yang dibintangi oleh putri Triawan, Sherina Munaf.

“Bapak Presiden juga memberikan dukungan sepenuhnya, malah nanti beliau akan ada waktu untuk menengok syuting film ini di satu daerah, karena ini jalan syutingnya di pulau Jawa yang dibintangi Marsha Timothy, Mimi, Lili Latisha bertiga naik mobil dari Jakarta ke Banyuwangi 1.025 kilometer,” ungkap Triawan.

Untuk mengisi musik di film itu, juga dibuat lomba cipta lagu anak, sedangkan tema film adalah mengenai alam Indonesia.

“Filmnya sendiri mempunyai tema yang bagus untuk anak-anak, antara lain mencintai indahnya alam Indonesia, menghargai bahasa Indonesia, ada unsur persahabatan dan kekeluargaan. Kita akan mengajak masyarakat untuk ikut serta dan membuat sebuah lagu yang kemudian akan masuk kompilasi album ‘soundtrack’,” kata Mira.

Film itu ditargetkan tayang pada 28 Juni 2018, menyesuaikan liburan sekolah anak tahun ini.

Harapannya, dari film ini dapat memasukkan nilai-nilai positif dan punya motivasi juga bahwa suatu hari bisa menjadi pelaku seni baik penyanyi, pemain film dan profesi lainnya.

“Sebenarnya sudah cukup lama sejak 2008 di Laskar Pelangi, saya sudah lama tidak bikin film anak-anak, jadi hampir sudah 10 tahun. Saya merasa oh ini waktunya saya harus membuat kembali film anak-anak. Mudah-mudahan dari sini semua orang jadi mau membuat film anak-anak,” tambah Mira. (ant)