Menhub Berharap Warga Manfaatkan Program Mudik Gratis

JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap masyarakat mau memanfaatkan program mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah setiap kali menyambut Hari Raya Idul Fitri. “Kalau bisa mudik jangan pakai motor. Manfaatkan program mudik gratis yang disediakan pemerintah,” kata Menhub di depan warga perantauan dari Banyumas dan sekitarnya yang tergabung dalam Paguyuban Perantauan Nusantara (Papernas) di Jakarta, Minggu (25/3).

Budi mengatakan, pada masa angkutan Lebaran tahun ini Kementerian Perhubungan menyediakan 985 unit bus untuk para pemudik yang menggunakan motor. Kuota sepeda motor yang dapat diangkut sekitar 2000 unit. “Kuota mudik motor gratis dengan kapal laut lebih banyak lagi yaitu sekitar 15.000 unit dan 30.000 orang,” katanya.

Menhub mengakui, selama 4 tahun ini Papernusa sangat membantu program mudik gratis. Hampir setiap tahun Papernusa berhasil mengumpulkan sekitar 700 orang warga Banyumas dan sekitarnya untuk ikut mudik gratis. “Mudah-mudahan tahun ini bisa sampai 1000 orang atau lebih banyak lagi, sehingga tidak ada lagi pemudik yang naik motor,” kata Budi.

Hadir pada kesempatan itu Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus Purnomo, Sekretaris Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Firdaus. (son)