Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor, Denny Mulyadi dan Kepala DPMPTSP Kabupaten Bogor, Joko Pitoyo, tandatangani kesepaktan kerjasama (MoU), dibidang investasi dan perizinan di wilayah Bogor Raya

BOGOR (Bisnis Jakarta) – Pemerintah Kota (Pemkot) dan Kabupaten (Pemkab) Bogor sepakat melakukan kerjasama dalam bidang senergitas percepatan pembangunan dan investasi di daerah Bogor Raya. Penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU) kerjasama antara Pemkot dengan Pemkab Bogor ini dilakukan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor, Denny Mulyadi dan Kepala DPMPTSP Kabupaten Bogor, Joko Pitoyo, di Hotel Aston, Sentul Bogor. Senin, (26/03).

Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Bogor, Joko Pitoyo dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa maksud dan tujuan disepakatinya kerjasama antara Kota dengan Kabupaten Bogor ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kedua daerah, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan daya saing dunia usaha daerah dan meningkatkan kapasitas teknologi daerah. “Antara lain lingkup kesepakatan ini lebih khusus menekankan pada promosi penanaman modal melalui penyediaan dan/atau pertukaran informasi peluang investasi di Kota dan Kabupaten Bogor,” kata Joko.

Menurut Joko Pitoyo, Pemkot dan pemkab Bogor sepakat dalam penyediaan data potensi kedua daerah, keikutsertaan promosi di dalam negeri maupun di luar negeri bersama, memanfaatkan website yang dimiliki Kabupaten dan Kota Bogor serta menggunakan media elektronik lainnya, dan temu bisnis bersama untuk saling mempromisikan potensi yang ada di Bogor Raya.

Kerjasama Kota dan Kabupaten Bogor ini merupakan langkah strategis karena kedua wilayah merupakan daerah yang saling berbatasan langsung dan saling melengkapi. Seringkali dinyatakan bahwa Kota Bogor adalah Kotanya Kabupaten dan Kabupaten adalah desanya Kota Bogor. Relasi dua wilayah ini mendorong pentingnya kebersamaan dalam membangun daerah. “Kesepakatan ini merupakan wujud kebersamaan kami di Bogor dalam memajukan kedua wilayah secara bersama,” imbuh Kepala DPMPTSP Kota Bogor, Denny Mulyadi.

Denny berharap, dengan telah disepakatinya kerjasama ini maka akan ada langkah terpadu dalam mengoptimalkan segala informasi potensi di kedua daerah. “Mudah mudahan dengan kerjasama ini akan mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi siapapun yang membutuhkan pelayanan perizinan dan non perizinan di Kota/Kabupaten Bogor,” pungkas mereka. (bas)