London ( Bisnis Jakarta ) – Manajer Liverpool Juergen Klopp dapat mempertahankan filosofi menyerangnya yang membuat ia dikagumi di Jerman dan membentuk skuad yang mampu menjuarai Liga Champions, kata mantan kapten Jerman Lothar Matthaeus.

Juara Eropa lima kali Liverpool berada pada perempat final kompetisi tahun ini dan akan berhadapan dengan sesama klub Liga Inggris Manchester City pada leg pertama di Anfield pada 4 April.

Klopp memimpin bekas timnya Borussia Dortmund untuk memenangi gelar Liga Jerman pada 2011 dan 2012, ketika mereka juga menjuarai Piala Jerman, dan ia membawa mereka ke final Liga Champions 2013 di mana mereka kalah dari seteru abadi Bayern Munich.

Pria 50 tahun itu mengambil alih Liverpool pada 2015, di mana ia mempertajam citra petualangnya di sepak bola dengan sejumlah perekrutan kunci, termasuk pencetak gol terbanyak Liga Inggris yakni Mohamed Salah asal Mesir dan penyerang lainnya Sadio Mane asal Senegal.

“Ia (Klopp) tidak banyak mengganti gayanya (dari Dortmund)… Ia telah melakukan pekerjaan yang sangat bagus. Saya percaya sejak awal bahwa ia dan Liverpool memiliki kemitraan yang sangat bagus,” kaat Matthaeus kepada situs resmi klub (www.liverpoolfc.com).

“Anda dapat melihatnya pada hasil-hasil bagus, pertandingan-pertandingan bagus dan ia membeli pemain-pemain yang tepat. Bagi saya, itu adalah tim yang dapat memenangi Liga Champions dalam (waktu) dua bulan di Kiev.” Liverpool juga mengejar posisi kedua di Liga Inggris di bawah tim yang sudah unggul jauh Manchester City. Klub Merseyside itu berada di peringkat ketiga dengan 63 poin dari 31 pertandingan, tertinggal dua poin dari rival abadi Manchester United yang telah memainkan satu pertandingan lebi banyak.

“Ia bekerja sangat keras, timnya selalu siap untuk berjuang selama 90 menit dan mereka berada dalam kondisi yang bagus,” tambah Matthaeus, yang ikut bermain pada pertandingan antara legenda Bayern Munich dan Liverpool yang berakhir imbang 5-5 di Anfield pada akhir pekan.

“Ia menemukan pemain-pemain yang tepat, khususnya sektor serangan, yang dapat membuat perbedaan pada level tertinggi.” Liverpool akan bermain melawan tim peringkat ke-16 Liga Inggris Crystal Palace pada Sabtu.(ant)