Jenewa ( Bisnis Jakarta ) – Juara Eropa Portugal merasakan keruntuhan di babak pertama dan harus kehilangan Joao Cancelo yang diusir keluar lapangan pada menit ke-60, ketika mereka takluk 0-3 dari Belanda saat melakukan pemanasan menjelang Piala Dunia pada Senin.

Memphis Depay, Ryan Babel, dan Virgil van Dijk menjadi pencetak gol setelah pertahanan Portugal tampil buruk ketika Belanda, yang gagal lolos ke Piala Dunia tahun ini, mengamankan kemenangan perdana di bawah pelatih baru Ronald Koeman.

Kapten Portugal Cristiano Ronaldo memulai pertandingan dengan terpaut tiga gol dari menyamai rekor 84 gol milik pemain Hungaria Ferenc Puskas sebagai pemain tersubur sepanjang masa di Eropa, namun ia tidak terlihat mampu mencetak satu gol pun pada laga ini.

Portugal, yang akan menghadapi Spanyol, Iran, dan Maroko pada grup Piala Dunia mereka, mendominasi penguasaan bola untuk beberapa menit pembukaan namun Belanda mencetak gol pertama ketika Depay menaklukkan bek Jose Fonte untuk mendapatkan bola liar dan menembakkan tembakan ke gawang pada menit ke-12.

Ryan Babel tidak terkawal untuk kemudian menanduk bola umpan silang Matthijs De Ligt masuk ke tiang jauh pada menit ke-32, dan diperlukan penyelamatan super dari Anthony Lopes untuk menahan sundulan Depay beberapa saat kemudian.

Bagaimanapun, hal serupa tidak terjadi menjelang turun minum, ketika tendangan bebas Depay diteruskan De Ligt kepada Van Dijk yang tidak terkawal untuk mencetak gol ketiga.

Portugal mengetatkan pertahanan mereka setelah turun minum dan selamat dari dipermalukan lebih besar lagi, namun mereka tetap menelan pil pahit ketika Cancelo mendapatkan kartu kuning kedua akibat hadangannya yang terlambat.

Belanda memasukkan Justin Kluivert, pemain 18 tahun yang merupakan putra mantan penyerang Belanda Patrick, untuk melakukan debut internasionalnya pada menit ke-78.(ant)