Washington ( Bisnis Jakarta ) – Juara bertahan AS Terbuka Sloane Stephens menaklukkan unggulan ketiga asal Spanyol Garbine Muguruza dengan skor 6-3, 6-4 pada Senin untuk mencapai perempat final Miami Terbuka, sedangkan petenis Ceko Karolina Pliskova melaju ketika lawannya mengundurkan diri karena sakit.

Stephens, yang menaikkan level permainannya sehingga serupa dengan tahun lalu ketika ia meraih gelar utama perdananya di New York, mendikte permainan saat melawan sang juara Wimbledon sejak awal.

Unggulan ke-13 asal AS itu melejit dengan mengantungi delapan dari sembilan poin pertama pertandingan ini. Setelah mengamankan break pada game kelima di set kedua, Stephens memulangkan Muguruza dengan pukulan “backhand” di garis pada match point keduanya.

Stephens, yang menyamai hasil terbaiknya di Miami dengan juga mencapai perempat final pada 2015, selanjutnya akan berhadapan dengan unggulan kesepuluh asal Jerman Angelique Kerber, yang menang 6-7(1), 7-6(5), 6-3 atas petenis kualifikasi asal China Wang Yafan.

Unggulan kelima Pliskova, yang mencapai semifinal Miami pada tahun lalu, menjadi petenis pertama yang mencapai perempat final setelah Zarina Diyas asal Kazakhstan terpaksa mengundurkan diri karena cedera saat tertinggal 6-2, 2-1.

Mantan petenis peringkat satu dunia Pliskova tampil efisien sejak awal dan tidak kehilangan poin pada serve-serve pertamanya sepanjang pertandingan melawan Diyas, yang beberapa kali meminta time out untuk melakukan perawatan dan terlihat jelas kesulitan melakukan pergerakan dengan baik.

Lawan selanjutnya yang akan dihadapi Pliskova adalah mantan petenis peringkat satu dunia Viktoria Azarenka asal Belarus atau unggulan ke-30 asal Polandia Agnieszka Radwanska.

Para pertandingan putaran keempat lainnya yang berlangsung pada Senin, juara tiga kali Venus Williams akan menghadapi unggulan ke-11 asal Britania Johanna Konta, sedangkan juara Prancis Terbuka Jelena Ostapenko akan menutup sesi malam dengan pertarungan melawan unggulan kesembilan asal Ceko Petra Kvitova.(ant)