Jakarta (Bisnis Jakarta) – Sepuluh pemenang Lomba Penulisan Cerita Pendek “Samudera Kita” – yang diselenggarakan oleh Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia – menerima hadiah dalam upacara penghargaan yang berlangsung di Jakarta, Rabu (28/3). Penyerahan Award dilakukan Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Guérend, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Vincent Guérend mengatakan, Uni Eropa memiliki komitmen jangka panjang bersama Indonesia untuk melindungi lautan dan menjaganya tetap bersih, dikelola secara baik dan lestari. “Kebijakan dan strategi Uni Eropa mengarah pada pencapaian keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, keamanan global dan tata kelola lautan yang baik,” kata Vincent.

Melalui lomba ini, kata Vincent, Delegasi Uni Eropa ingin meningkatkan kesadaran mengenai tanggung jawab bersama untuk melestarikan lautan melalui para penulis muda Indonesia. Delegasi Uni Eropa merasa sangat puas dengan banyaknya tulisan yang masuk, bahkan ada cerita dari penulis berusia 12 tahun yang menunjukkan tingginya antusiasme dan kepedulian kaum muda Indonesia terhadap lautan dan isu-isu yang berkaitan dengan lautan. ‘’Saya terkesan dengan cerita yang ditulis oleh penulis-penulis muda dan berbakat. Dengan menggunakan latar kota dan pulau yang kita kenal, cerita fantasi dan cerita yang menjelajah waktu, kita terinspirasi untuk ikut serta bergerak melestarikan lautan,” ungkap Vincent.

Lomba penulisan cerita pendek ini diluncurkan bersama oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan. dengan Komisioner Uni Eropa urusan Transportasi, Violeta Bulć, disela-sela kunjungannya ke Indonesia pada tanggal 29 September 2017 lalu.

Lomba ini bertujuan untuk meneruskan upaya meningkatkan kesadaran dari konferensi global “Samudera Kita” yang diselenggarakan Uni Eropa di Malta pada tahun 2017 dan akan diselenggarakan oleh tuan rumah Indonesia di Bali pada tanggal 28-29 Oktober 2018.

Adapun lomba penulisan cerita pendek ini terbuka untuk warga negara Indonesia yang berusia di bawah 26 tahun yang mampu menyajikan tulisan dalam salah satu dari 24 bahasa resmi Uni Eropa.

Saat lomba ditutup, Delegasi Uni Eropa menerima lebih dari 250 cerita dalam bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Jerman dan Belanda. Dari 207 cerita yang memenuhi kriteria lomba, sembilan cerita dalam bahasa Inggris dan satu cerita dalam bahasa Perancis terseleksi. (son)