St Petersburg ( Bisnis Jakarta ) – Paul Pogba mencetak satu gol dan merancang satu gol lainnya saat ia memimpin Prancis menang 3-1 atas tuan rumah Piala Dunia Rusia pada pertandingan persahabatan yang berlangsung pada Selasa.

Empat hari setelah dikalahkan Kolombia di kandang sendiri, “Les Bleus” bangkit dengan Pogba membukukan gol kedua Prancis pada babak kedua, di mana ia sebelumnya menjadi pengumpan bagi gol pertama dari dua golnya sebelum turun minum.

Rusia memperkecil ketertinggalan melalui Fudor Smolov namun tidak mampu merepotkan tim Prancis yang tampil solid di St Petersburg, kurang dari tiga bulan sebelum Piala Dunia dimulai.

Mbappe mengunci kemenangan saat pertandingan menyisakan tujuh menit dengan gol keduanya malam ini.

Rusia, yang takluk 0-3 dari Brazil pada Jumat, hanya mampu melakukan sedikit hal untuk memperlihatkan mereka mampu lolos dari fase grup di Piala Dunia, setelah gagal menembus fase gugur pada tiga penampilan terakhirnya di kejuaraan-kejuaraan utama.

Setelah kurang semangat juang saat takluk 2-3 dari Kolombia, pelatih Prancis Didier Deschamps melakukan tujuh perubahan pemain dari tim yang tampil sejak awal di Stade de France.

Rusia memiliki peluang besar pertama pada babak pertama yang berlangsung membosankan pada menit ke-15, ketika tembakan Smolov dapat ditepis kiper Prancis Hugo Lloris.

Bagaimanapun, Prancis membuka keunggulan lima menit sebelum turun minum ketika Mbappe menguasai umpan terobosan dari Pogba, menggiring bola melewati seorang pemain bertahan dan menaklukkan kiper Rusia Andrey Lunyov dengan tembakan mendatar dari dalam kotak penalti.

Mbappe (19) menjadi pemain Prancis termuda yang mencetak gol tandang sejak Rene Gerard mengemas gol ke gawang Jerman pada 1933.

Tim tamu menaikkan tekanan pada babak kedua dan Pogba, yang menjalani musim mengecewakan di bawah asuhan Jose Mourinho di Manchester United musim ini, menggandakan keunggulan mereka ketika ia melepaskan tendangan bebas melengkung ke sudut atas gawang pada menit ke-49.

Igor Smolnikov yang tampil sebagai pemain pengganti pada babak kedua mengirimkan umpan silang sempurna untuk Smolov, yang memperkecil ketertinggalan melalui sepakan setengah voli pada menit ke-68.

Bagaimanapun, Mbappe memastikan kemenangan Prancis ketika ia meliuk-liuk melewati pertahanan lawan dan kembali menaklukkan Lunyov melalui sepakan mendatar.(ant)