Madrid ( Bisnis Jakarta ) – Catatan trigol gelandang Francisco Roman Alarcon Suarez atau Isco berhasil mengantarakan tim nasional Spanyol menaklukkan Argentina dengan skor 6-1 dalam pertandingan persahabatan yang digelar di Madrid, Spanyol, Selasa malam waktu setempat.

Selain Isco yang membuat gol di menit ke-27, 52 dan 74, gol-gol Spanyol lainnya dicetak oleh Diego Costa (12′), Thiago Alcantara (55′) dan Iago Aspas (73′). Sementara gol tim Tango dibuat oleh Nicolas Otamendi di menit ke-39.

Dikutip dari Reuters di Jakarta, Rabu pagi, dalam pertandingan tersebut Argentina tidak diperkuat oleh mega bintangnya Lionel Messi yang masih berkutat dengan cedera otot.

Tanpa Messi di lapangan, anak-anak asuh George Sampaoli bermain di bawah dominasi Spanyol yang dimotori oleh Isco.

Tim Matador, julukan timnas Spanyol., berhasil membuat garis pertahanan tinggi Argentina kacau balau.

Gol pertama Spanyol pun datang di menit ke-12 melalui sontekan jarak dekat penyerang Diego Costa. Gol tersebut sempat membuat baik Costa maupun penjaga gawang Argentina Sergi Romero mendapatkan perawatan karena berbenturan..

Romero benar-benar ditarik keluar karena cedera di menit ke-22 dan digantikan kiper yang merumput bersama Liga Utama Chelsea Willy Caballero.

Lima menit setelah masuk, Caballero yang baru masuk harus menyaksikan gawangnya dibobol oleh Isco. Gelandang klub raksasa Spanyol Real Madrid itu berhasil memanfaatkan umpan silang Marco Asensio.

Skor sempat berubah menjadi 2-1 ketika di menit ke-39 Nicolas Otamendi berhasil memasukkan bola ke gawang kiper Spanyol David De Gea memanfaatkan umpan Ever Banega.

Di paruh kedua, Argentina benar-benar hancur. Tambahan empat gol masing-masing dari Isco (52′, 74′), Thiago Alcantara (55′) dan Iago Aspas (73′) menjadikan kedudukan akhir menjadi 6-1 untuk kemenangan Spanyol.

Kekalahan telak itu pun menjadi kekalahan terbesar yang dialami Argentina sejak tahun 2009 di mana mereka takluk dengan skor serupa dari Bolivia.

Meski kandas, Argentina memiliki satu catatan rekor di pertandingan itu yakni sang kapten Javier Mascherano sudah tampil di 142 laga bersama timnas Argentina, menyamai pencapaian legenda Argentina Javier Zanetti yang sebelumnya bertengger sendirian sebagai penampil terbanyak di tim nasional.

Nantinya di Piala Dunia 2018 yang digelar 14 Juni-15 Juli 2018 di Rusia, Argentina bergabung di Grup D bersama Islandia, Kroasia dan Nigeria. Spanyol sendiri menjadi anggota Grup B bersama Portugal, Iran dan Maroko.(ant)