DEPOK (Bisnis Jakarta) – Proses penertiban kabel udara di sepanjang Jalan Margonda Raya diklaim sudah mencapai 95 persen. Diharapkan dengan penertiban tersebut Kota Depok terlihat lebih rapih dan indah, sehingga memberikan kontribusi terhadap Adipura. Selain itu, ditargetkan akhir April 2018 mendatang penertiban telah selesai. Untuk itu, Satpol PP bersama dinas terkait bakal melakukan penertiban setiap hari Selasa dan Kamis untuk mengejar target tersebut.

“Untuk saat ini penertiban kabel fiber optik kita fokuskan di sekitar Jalan Margonda Raya. Hal itu dikarenakan Pemerintah Kota (Pemkot) sudah menyediakan utilitas untuk pemasangan kabel bawah tanah di jalan tersebut,” tutur Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono media, di Jalan Margonda Raya.

Menurutnya, sebelum penertiban, Diskominfo sudah berkoordinasi dengan pihak operator seluler sejak tahun lalu dan sebagian besar dari mereka cukup koperatif. Namun, masih ada beberapa yang tidak menghiraukan sehingga dilakukan penertiban.

Dirinya menambahkan, selain penertiban kabel udara di sejumlah jalan protokol, juga akan dilakukan di jalan lingkungan. Namun, menurutnya, untuk saat ini difokuskan di ruas jalan protokol. “Saat ini kita masih fokus ke jalan-jalan protokol tetapi insyaallah ke depan kita akan melakukan penertiban ke jalan-jalan lingkungan juga. Kita akan lakukan secara bertahap,” jelasnya.

Sementara itu, perwakilan dari Satpol PP Kota Depok, Suhendra Hamzah mengatakan, dalam penertiban tersebut bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR), dan Dinas Perhubungan (Dishub). Dimana untuk jumlah terdiri dari Satpol PP ada 10 personel, DPUPR 4 personel, dan Dishub 10 personel. (jif)