London ( Bisnis Jakarta ) – Sepak bola Eropa kehilangan seorang “pemain besar” dalam diri Zlatan Ibrahimovic namun sang penyerang akan mendongkrak level permainan di AS menyusul kepindahannya ke LA Galaxy, kata manajer Manchester United Jose Mourinho pada Jumat.

Ibrahimovic pada pekan lalu mengakhiri masa kerja singkatnya di United — di mana ia memenangi Piala Liga dan Liga Europa — untuk menjadi pemain besar terkini yang pindah ke Liga AS, menyusul para pendahulunya seperti David Beckham, Steven Gerrard, Thierry Henry, dan Frank Lampard.

Mourinho menggunakan konferensi persnya menjelang pertandingan Liga Inggris melawan Swansea City pada Sabtu untuk memberi penghormatan kepada sang penyerang Swedia, yang sebelumnya sempat dilatihnya di Inter Milan.

“Bagi saya, selalu menyedihkan ketika pemain-pemain besar menuju akhir (kariernya),” kata Mourinho kepada para pewarta.

“Saya ingat pertandingan terakhir Luis Figo dengan saya dan Inter, itu merupakan salah satu momen tersedih saya. Perpisahan Zlatan lebih ke arah itu, ia adalah pemain besar di mana sepak bola Eropa telah kehilangan (dirinya).” “Namun periode ini dengan LA Galaxy akan sangat bagus untuk dia, ia akan bagus untuk sepak bola Amerika, karena apa yang dapat ia lakukan: kepribadiannya, hasratnya, dan profesionalismenya.” Ibrahimovic didera cedera lutut yang buruk pada pertandingan perempat final Liga Europa saat United berhadapan dengan klub Belgia Anderlecht pada April silam, namun mampu pulih untuk memainkan tujuh pertandingan bagi klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut musim ini.

“Pemulihannya merupakan contoh bagaimana semestinya seorang profesional,” tambah Mourinho. “Bagi dia (kepindahan ke AS) akan menjadi jalan untuk menikmati beberapa tahun terakhir di sepak bola.” United tidak akan diperkuat kiper pelapis Sergio Romero untuk pertandingan akhir pekan, setelah pemain internasional Argentina itu mengalami cedera ringan saat timnasnya dikalahkan Spanyol dengan skor 1-6 pada pertandingan persahabatan.

Ashley Young juga cedera saat memperkuat timnas Inggris, namun ia dapat bermain saat melawan tim asuhan Carlos Carvalhal yang menghuni peringkat ke-14.

United menghuni peringkat kedua di klasemen dengan 65 poin dari 30 pertandingan, ketika mereka berupaya untuk menyelesaikan musim dengan menjadi “runner up.”(ant)