JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Yayasan Autisma Indonesia (YAI) didukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan kampanye “Light It Up Blue” dengan menyinari Monumen Nasional menggunakan lampu berwarna biru untuk memperingati Hari Peduli Autisme Sedunia yang jatuh setiap 2 April.

Menurut siaran pers dari YAI yang diterima di Jakarta, Senin, Monumen Nasional disinari dengan lampu biru mulai Minggu (1/4) hingga Senin (30/4).

Kampanye membirukan Monumen Nasional menggunakan lampu biru itu merupakan yang keempat kalinya, setelah aksi yang sama dilakukan YAI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada tahun-tahun sebelumnya.

Selain Monumen Nasional, beberapa monumen dan tengara Kota Jakarta lainnya juga akan diselimuti warna biru melalui sinar lampu, antara lain Patung Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia dan Simpang Susun Semanggi.

Penyinaran sejumlah tengara kota dengan lampu biru itu merupakan bagian dari gerakan global untuk mengirimkan pesan, harapan dan penyertaan kepada individu dengan autisme.

Masyarakat global telah menjadikan 2 April sebagai hari untuk menyuarakan kepedulian bagi individu dengan autisme. Salah satu kampanye yang menarik perhatian dunia adalah “Light It Up Blue” yang digagas organisasi “Autism Speak”.

Melalui kampanye tersebut, ribuan monumen, tugu, gedung perkantoran dan rumah-rumah di seluruh dunia menyalakan cahaya biru pada malam 2 April sebagai ekspresi penerimaan masyarakat terhadap individu dengan autisme.

Aksi tersebut juga merupakan tanda simpati serta penghargaan kepada keluarga yang telah mendampingi individu dengan autisme untuk mampu mandiri dan berkarya.

Warna biru menjadi simbol masyarakat menerima dengan tangan terbuka semua individu dengan autisme, serta siap berinteraksi dengan mereka tanpa diskriminasi. (ant)