Catur Raksasa di Tangsel

TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Papan catur berukuran biasa itu sudah biasa. Bagaimana dengan catur berujuran raksasa? . Seorang pengrajin catur asal pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Jodi Purnama, membuktikannya.Tak tanggung-tanggung, ukuran catur raksasa yang dibuat jadi memang tak biasa. Bahkan, satu buah bidak catur memiliki ketinggian hingga 85 centi meter. “Saya mengerjakan catur ini seorang diri, tanpa bantuan ahli maupun bantuan dari pekerja lain,” ungkap Jodi.

Lebih lanjut Jodi mengatakan, dirinya sudah menggeluti pekerjaan sebagai pengrajin catur sejak 9 tahun lalu. Sebelumnya, Jodi merupakan pekerja di salah satu pabrik sepeda motor. “Catur buatan saya sudah diorder dari perusahaan-perusahaan di luar Pulau Jawa, seperti Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga Bali,” imbuhnya

Kini, Jodi tengah berkomunikasi dengan seseorang dari Negeri Kincir Angin Belanda untuk membuat catur raksasa. “Untuk catur raksasa bakal dibanderol dengan harga antara Rp30 juta sampai Rp50 juta. Harga itu belum termasuk biaya ongkos kirim,” tandasnya. (nov)