Plt.Walikota Bogor, Usmar Hariman mengibarkan bendara Satpol.PP dalam acara peringatan HUT Satpol.PP ke-68, di halaman kantor Balaikota Bogor

BOGOR (Bisnis Jakarta) – Plt.Walikota Bogor Ir. Usmar Hariman meminta jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) siap siaga dan ikut berperan aktif dalam membantu mensukseskan agenda politik nasional yang digelar di Kota Bogor.

“Tahun ini ada agenda besar yang sedang kita hadapi bersama, yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota Bogor dan Gubernur Jawa Barat. Kita juga akan akan menghadapi Pimilihan Umum Legislative (Pileg). Kemudian dialnjutkan dengan Pilpres 2019. Untuk itu saya minta jajaran Sat.PolPP,Damkar dan Limas di Bogor harus selalu siap dan siaga,” kata Usamar Hariman, dalam acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP ke-68, Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-99 dan Satlinmas ke-56, di halaman Balaikota Bogor. Kamis, (29/03).

Disampaikan Usmar, sebagaimana tema yang diusung dalam Peringatan HUT Satpol PP ke-68, Damkar ke-99 dan juga HUT Satlinmas k- 56 kali ini adalah Satpol PP, Damkar dan Satlinmas siap mengawal Pilkada serentak 2018, harus mampu menjadi sepirit kita bersama dalam upaya ikut mensuskseskan agenda di tahun politik ini.

Plt. Walikota Bogor menjelaskan, bahwa apa yang ia sampaikan ini selaras dengan apa yang menjadi pesan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, dalam sambutan tertulisnya yang ia bacakan pada acara HUT Satpol PP, Damkar dan Satlinmas tahun 2018. “Sebagai perangkat daerah, Satpol PP, Damkar dan Satlinmas akan ikut terlibat langsung mengawal pesta demokrasi, terutama Pilkada. Keterlibatan Satpol PP, Damkar dan Satlinmas, memastikan ketertiban dan keamanan masyarakat tetap terjaga,” tegasnya.

Usmar menegaskan, sesuai aturan Satpol PP, Damkar dan Satlinmas mempunyai tugas pokok yang diantarnya membantu menjaga ketentraman penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada, baik sebelum, atau pada saat pemungutan maupun setelah pelaksanaan pemilihan. “Di tahun Politik ini anggota Linmas,Damkar dan Pol.PP tentu, dituntut bekerja lebih ekstra dalam membantu medeteksi segala potensi gangguan keamanan dan lainnya sejak dini di masyarakat,” pesannya. (bas)