Turin ( Bisnis Jakarta ) – Cristiano Ronaldo mencetak dengan sepakan salto yang melebihi standar-standarnya untuk memimpin Real Madrid menang 3-0 atas tuan rumah Juventus pada pertandingan leg pertama perempat final Liga Champions pada Selasa.

Dengan punggungnya menghadap ke gawang, Ronaldo melemparkan diri ke udara untuk menyambar operan cungkil dari Dani Carvajal dan melepaskan sepakan salto untuk membawa bola melewati kiper Gianuigi Buffon dan membawa Real memimpin 2-0.

Gol itu disambut dengan tepuk tangan bahkan oleh para penggemar Juventus, yang beberapa menit sebelumnya mencemooh dan menyiuli Ronaldo ketika tembakannya melebar.

Pemain Portugal ini membuka keunggulan Real dengan golnya pada menit ketiga, mencetak gol untuk pertandingan kesepuluh kalinya secara beruntun du Liga Champions, dan Marcelona juga menyumbang gol ketika rekor tidak terkalahkan Juve di kandang sendiri selama lima tahun di kancah Eropa hancur berkeping-keping Kartu merah untuk pengatur permainan Paulo Dybala melengkapi malam yang menyedihkan bagi sang juara bertahan Liga Italia, yang kalah 1-4 dari Real pada final Liga Champions tahun lalu.

“Ketika Anda bermain melawan tim-tim seperti ini, Anda perlu sedikit beruntung dan, lebih dari yang lainnya, untuk bertemu Ronaldo pada malam yang buruk untuknya,” kata pelatih Juvebtus Massimiliano Allegri.

“Saya kecewa dengan gol ketiga karena kami semestinya berusaha mengejar saat skor masih 2-0 dan kemudian berusaha untuk mencapai sesuatu yang layak dikenang di Madrid.” Penyelamatan gemilang Juventus tidak pernah kalah di kandang sendiri di kancah Eropa sejak Bayern Munich menang 2-0 pada April 2013, laju 27 pertandingan, namun rekor itu dengan cepat berada di bawah ancaman ketika pertahanan mereka yang biasanya tangguh dapat dibongkar dengan mudah pada menit ketiga.

Marcelo mengirim bola di antara dua pemain bertahan untuk diterima Isco yang berdiri bebas di sisi kiri, dan umpan silang mendatarnya dimasukkan ke gawang oleh Ronaldo untuk menjadi gol kedelapannya dari delapan pertemuan melawan Juventus.

Juventus merespon situasi itu dengan baik, melancarkan serangkaian serangan berbahaya, dan kiper Real Keylor Navas mampu melakukan penyelamatan gemilang terhadap sepakan voli Gonzalo Higuain.

Bek Giorgio Chiellini juga membuang peluang bagus ketika ia keliru menyundul bola dari tendangan sudut, namun Real mampu menguasai bola dan Toni Kroos melepaskan tembakan jarak jauh yang membentur Real Anda.

Juve juga memulai babak kedua dengan penampilan bagus, namun penampilannya merosot dalam delapan menit yang dramatis.

Kekacauan yang dilakukan Buffon dan Chiellini memulai serangan Real yang berakhir dengan gol indah Ronaldo, gol ke-14nya di Liga Champions musim ini, pada menit ke-64.

Dua menit kemudian, Dybala, yang mendapatkan kartu karena melakukan diving di kotak penalti pada babak pertama, mendapatkan kartu kuning kedua karena pelanggarannya terhadap Carvajal.

Marcelo melengkapi kemenangan timnya pada menit ke-72 ketika ia bertukar operan dengan Isco dan kemudian Ronaldo, sebelum mengecoh Buffon dan memasukkan bola ke gawang yang kosong.

Ronaldo nyaris mengukir trigol dan meski Juve mampu lolos dari kerusakan yang lebih parah, mereka menghadapi misi nyaris mustahul pada laga pekan depan.(ant)