Pendaftaran Mudik Gratis Diserbu Warga

DEPOK (Bisnis Jakarta) – Mudik gratis yang digelar Kementerian Perhubungan (Kemenhub), disambut antusias warga Depok. Pasalnya, kegiatan ini dinilai membantu warga yang hendak pulang kampung dan merayakan lebaran meski masih beberapa bulan mendatang. “Mudik gratis dari pemerintah, tentu sangat membantu kami sebagai perantau yang ingin lebaran di kampung halaman,” tutur Sriyanti, warga RT 04, RW 01, Kelurahan Abadijaya, Sukmajaya, usai melakukan pendaftaran Mudik Gratis di Terminal Terpadu Depok.

Selain itu, terkait persyaratan untuk mengikuti mudik gratis dirinya juga mengaku tak terlalu menyulitkan peserta. Dirinya hanya mengisi formulir pendaftaran, membawa identitas diri, serta menyertakan kartu keluarga bagi yang membawa balita. “Prosesnya cepat dan mudah. Kami langsung dapat surat pengantar untuk nantinya ditukarkan dengan tiket bus,” jelasnya.

Sedangkan warga Tanah Baru, Beji, Widodo mengaku sudah dua kali menggunakan fasilitas mudik gratis yang disediakan Kemenhub. Dengan mudik gratis, dirinya juga merasa aman dan nyaman dalam perjalanan menuju kampung halaman. “Lebih teratur dan mudah, saat keberangkatan sudah tersedia sesuai tiket yang diberikan,” ucapnya.

Widodo berharap ke depannya kegiatan ini dapat diberikan dengan kuota mudik gratis yang lebih besar. Hal itu dikarenakan banyak penduduk pendatang dari luar wilayah yang tinggal di Jakarta, Depok dan Bogor untuk mengadu nasib. (jif)