JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Rekayasan lalu lintas di jalan tol Jakarta – Cikampek (Japek) diklaim sukses menekan angka kemacetan. Kali ini, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan menerapkan kebijakan serupa di ruas jalan Tol Jagorawi dan Jakarta – Tangerang. “Keberhasilan pengaturan ganjil genap di ruas jalan Tol Jakarta – Bekasi akan kami terapkan ke ruas Tol Jagorawi dan Jakarta – Tangerang,” kata Kepala BPTJ Bambang Prihantono di Jakarta, Kamis (5/4).

Bambang mengatakan, rekayasa lalu lintas di Tol Jagorawi akan menggunakan dua konsep yakni, jalur khusus bus dan ganjil genap. “Jalur khusus bus akan diterapkan dari Bogor sampai Pasar Rebo, Jakarta. Sedangkan sistem ganjil genap akan diterapkan pada ruas Tol Cibubur ke Jakarta,” kata Bambang.

Kebijakan tersebut akan dimulai pada awal Mei 2018. Berlaku mulai pukul 06.00 – 09.00 WIB. “Kami sedang menyiapkan Peraturan Menteri Perhubungannya. Mudah-mudahan pada pertengahan bulan April ini sudah bisa melakukan uji coba,” tutur Bambang. (son)