hdr

Jakarta ( Bisnis Jakarta ) – Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Selasa, mulai melaksanakan uji coba operasional lintas bawah atau Underpass Matraman-Salemba.

“Uji coba Underpass Matraman-Salemba dimulai pada hari ini (Selasa) dan akan dilakukan sampai tujuh hari ke depan,” kata Kepala Bidang Simpang dan Jalan Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Heru Suwondo di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, uji coba itu dilaksanakan setelah pihaknya terlebih dahulu melakukan penyempurnaan terhadap bagian dinding penutup ruang pompa yang ada pada underpass tersebut.

“Selain itu, kami sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta serta kepolisian. Setelah itu, baru kami bisa melaksanakan uji coba,” ujar Heru.

Dia menuturkan pembangunan infrastruktur Underpass Matraman-Salemba dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi persimpangan sebidang di wilayah ibu kota.

“Disamping mengurangi persimpangan sebidang, kami berharap underpass tersebut dapat mengurangi kepadatan kendaraan di simpang Matraman,” tutur Heru.

Ia mengungkapkan underpass itu memiliki panjang 670,1 meter dan lebar 7 meter serta dilengkapi sistem drainase untuk mencegah terjadinya genangan ketika hujan.

“Kami ingin pembangunan Underpass Matraman-Salemba itu dapat mengurangi masalah kemacetan lalu lintas secara maksimal. Kami berharap uji coba itu berjalan lancar,” ungkap Heru.(ant)