SUBUH KELILING – Plt. Walikota Bogor, Ir. Usmar Hariman, saat melakukan Subuh Keliling, di Masjid Athoriyah RT04/RW03, Kelurahan Tajur, Kota Bogor.

BOGOR (Bisnis Jakarta) – Plt. Walikota Bogor Usmar Hariman mengajak seluruh warga khususnya  umat muslim di Bogor bersatu dalam Gerakan Meramaikan dan Memakmurkan Masjid, dengan rajin solat berjamaah di masjid.

“Rosul Allah Muhammd, SWA, telah mencontohkan bagaimana beliau membangun sebuah peradaban baru di masyarakat kala itu melalui peran masjid. Masjid pada zaman rosul tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah atau solat semata. Tapi di masjid rosul bersama para sahabat beliau saat itu juga melakukan berbagai kegiatan, sosial,ekonomi bahkan politik,” kata Usmar Hariman, dalam kegiatan Solat Shubuh Keliling (Subling) berjamaah, di Masjid Athoriyah RT04/RW03, Kelurahan Tajur, Kecamatan Bogor Timur Selasa, (10/04).

Kegiatan solat Subuh keliling berjamaah yang digulirlkan Pemda Kota Bogor, selain bertujuan untuk ajang bersilaturahmi mendekatkan diri kepada warganya, kegiatan tersebut juga untuk memastikan seluruh warga Kota Bogor merasa tenang dan nyaman dalam menjalankan kegiatan ibadah di masjid. “Banyak sekali ya dampak dan juga manfaatnya dari program Subuh Keliling ini. Misalnya, kita bisa saling kenal, silaturahmi, kemudian kita juga bisa mendengar apa yang menjadi keluahan atau aspirasi warga kepada pemerintah dan lainnya,” ujar Usmar.

Plt. Wali Kota Bogor itu mengaku sangat yakin, dengan keberkahan shalat Shubuh berjamaah di masjid itu akan menjadi bekal yang sangat dahsyat dalam melaksanakan segala aktivitas rutinitas dan pekerjaan sehari-hari. “Hidup ini mamang penuh tantangan dan juga coban. Tapi kita semua harus selalu optimis. Dan yang terpenting kita harus yakin dengan pertolongan Allah yang akan menentukan atas apa yang terjadi dalam kehidupan kita semua,” tuturnya.

Oleh karena itu, penguatan seluruh unsur yang ada di masyarakat harus senantiasa sinergis dan bersatu. Apalagi, diakui Plt.Walikota Bogor itu, upaya-upaya untuk memecah belah saat ini sangat rawan terjadi ditengah situasi Bogor yang saat ini menghadapi Pilkada Serentak 2018, baik untuk memilih walikota maupun Gubernur, Jawa Barat. “Kunci penguatannya adalah masyarakat harus bersatu dan terutama umat Islam, salah satu caranya adalah dengan memakmurkan masjid. Dan alhamdulillah di Masjid Athoriyah ini banyak jamaahnya. Mudah-mudahan yang belum mendapatkan hidayah untuk melaksanakan shalat shubuh bisa diajak oleh kita dalam berbagai kesempatan,” pesan Usmar Hariman. (bas)