AKREDITASI PENDIDIKAN - Tim Akreditasi International Federation of Landscape Architect – Asia Pacific Region (IFLA-APR), saat berkunjung ke Kampus IPB Darmaga Bogor.

BOGOR (Bisnis Jakarta) – Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian (Faperta) Institut Pertanian Bogor (IPB), berhasil mendapatkan Akreditasi Internasional, di lingkungan Program Studi S1 Arsitektur Lanskap oleh lembaga International Federation of Landscape Architect – Asia Pacific Region (IFLA-APR).

Ketua Departemen Arsitektur Lanskap, Dr. Ir Afra DN Makalew, menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut untuk meninjau apakah program studi S1 Arsitektur Lanskap telah memenuhi standar internasional dalam melayani kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini untuk mendukung IPB sebagai perguruan tinggi bertaraf internasional. “Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Departemen ARL Faperta IPB, karena standar pendidikan kita nantinya sudah dapat disetarakan dengan standar internasional khususnya standar IFLA-APR,” katanya, di kampus IPB, Rabu (11/04).

Program studi Arsitektur Lanskap adalah program studi yang diunggulkan di IPB karena memiliki kompetensi tersendiri. Untuk itu IPB terus melakukan berbagai transformasi menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional, diantaranya dengan mendorong dan memfasilitasi program studi yang telah menerapkan sistem penjaminan mutu dengan baik untuk mengajukan akreditasi internasional ke lembaga akreditasi yang sesuai.

Dr. Arfa menyampaikan, bahwa badan yang menilai program studi S1 Arsitektur Lanskap ini adalah IFLA-APR yang merupakan organisasi arsitek lanskap di level Asia Pasifik. Adapun asesor terdiri dari satu orang asesor luar negeri yakni Mike Barthelmeh dari School of Landscape Architecture – Lincoln University New Zealand, disertai dua asesor dari Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI) , yakni Dr. Budi Faisal dari ITB dan Dr. Rustam Hakim dari Universitas Trisakti. (bas)