Madrid ( Bisnis Jakarta ) – Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane tidak dapat menjelaskan mengapa penampilan mengecewakan timnya di Liga Spanyol kontras dengan penampilan dominan mereka di Liga Champions menjelang pertandingan leg kedua perempat final melawan Juventus pada Rabu.

Real tergelincir ke peringkat keempat di klasemen Liga Spanyol dan tertinggal 15 poin dari pemuncak klasemen Barcelona, menyusul hasil imbang dengan Atletico Madrid pada Minggu. Bagaimanapun, mereka masih berada di jalur untuk mencapai semifinal Liga Champions untuk musim kedelapan secara beruntun ketika mereka menikmati keunggulan 3-0 pada leg pertama atas Juve.

“Saya tidak memiliki penjelasan. Kami selalu ingin memenangi semuanya namun terkadang, seperti tahun ini, kami tidak konsisten,” kata Zidane pada konferensi pers pada Selasa menjelang leg kedua di Santiago Bernabeu.

“Kami memiliki momen-momen sulit, khususnya dengan mencetak gol. Kami sekarang lebih baik di setiap aspek, meski saya tidak dapat menjelaskan mengapa.” Juara bertahan Real telah memenangi tiga dari empat edisi terkini Liga Champions, namun pada fase itu mereka hanya satu kali menjuarai liga domestik.

“Memenangi liga membuat saya lebih gembira, itu adalah kompetisi tersulit dan saya juga berpikir itulah yang diinginkan para pemain. Namun jika Anda melihat kepada rekor klub di Liga Champions, Anda akan melihat tidak satu (klub) pun mencapau apa yang kami miliki,” tambah pria Prancis ini.

Real tidak diperkuat kapten Sergio Ramos yang terkena skors dan Nacho Fernandez karena cedera, dan akan harus memainkan bek minim pengalaman Jesus Vallejo atau pemain yang biasanya tampil sebagai gelandang bertahan Casemiro untuk mendampingi Rafael Varane di jantung pertahanan.

Juventus, sementara itu, tidak akan diperkuat penyerang Argentina Paulo Dybala, yang diusir keluar lapangan saat Real menang 3-0 di Turin pekan lalu, dan gelandang Rodrigo Bentacur, yang juga diskors, sedangkan bek veteran Andrea Barzagli diragukan telah pulih dari cedera.

“Hasil dari leg pertama tidak mengubah apapun untuk kami, besok adalah cerita lain, pertandingan lain, dan kami ingin menampilkan penampilan hebat,” tutur Zidane.

Bek Real Varane juga menepis semua pembicaraan bahwa timnya akan menganggap remeh sang pemuncak klasemen Liga Italia.

“Ini akan menjadi pertandingan sulit melawan tim hebat,” kata bek asal Spanyol itu.

“Mereka tahu bahwa apapun dapat terjadi di sepak bola maka mereka akan datang kemari untuk menyerang dan menang. Kami tidak akan bersantai dan bermain untuk skor 0-0, kami ingin berusaha dan memenangi apa yang kami tahu akan menjadi pertandingan yang sangat menuntut.”(ant)