Palembang ( Bisnis Jakarta ) – Panitia Asian Games INASGOC akan membersihkan kawasan olahraga Jakabaring Palembang dari sponsor tidak resmi atau ilegal menjelang pesta olahraga internasional itu berlangsung.

Dua minggu sebelum acara dimulai semua sponsor tidak resmi akan dicopot, kata Direktur Revenue INASGOC Hasani Abdul Gani di Palembang, Kamis.

Jadi segala bentuk sponsor yang mengatasnamakan Asian Games bila tidak terdaftar akan dibersihkan, kata dia.

Begitu juga sponsor yang berada di sudut kota atau jalan yang tidak resmi semuanya akan diturunkan saat pesta olahraga akbar berlangsung.

Dia mengatakan, tidak diperbolehkannya pemasangan spanduk tidak resmi itu karena pihaknya telah melaksanakan kerja sama dengan perusahaan untuk melakukan sponsor.

Saat ini ada 37 perusahaan yang menjalin kerja sama dan produk itulah yang berhak memasang spanduk pada pesta olahraga yang diikuti 45 negara mendatang, ujar dia.

Menurut dia, memang aturan cukup ketat untuk menjadi sponsor bahkan produk daerah saja tidak diperbolehkan memasang logo Asian Games bila tidak ada kerja sama.

Sebelumnya Saf Khusus Gubernur Sumsel Bidang Keuangan IGB Surya Negara mengatakan, memang aturan dalam Asian Games cukup ketat dan itu harus diikuti.

Pihaknya terus mensosialisasikan aturan INASGOC supaya pesta olahraga internasional mendatang berlangsung sukses, kata Wakil Sekretaris Panitia Daerah Asian Games itu.

Pihaknya juga minta agar INASGOC menempatkan perwakilan di Sumsel supaya koordinasi semakin lancar, tambah dia.(ant)