Tangsel Luncurkan Tiga Aplikasi

TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meluncurkan tiga aplikasi canggih untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, kamis (12/4). Ketiga aplikasi tersebut yakni Tangsel Belajar, Ruang Rapat Pusat Pemerintahan (Rupa Puspem) dan Pantau Harga Pasar Tangsel (Pagar Tangsel). “Ini merupakan wujud komitmen pemerintah kota Tangsel dalam berinovasi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan visi Tangsel yang cerdas, berkualitas, berdaya saing dan berbasis teknologi dan informasi,” ungkap Walikota Tangsel, Airin Rachmy Diany.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi Komunikasi dan Persandian, Tubagus Asep Nurudin mengatakan, Tangsel Belajar adalah sistem aplikasi pembelajaran secara online. Tangsel Belajar adalah salah satu program kerja dari Pemerintah Kota Tangsel untuk para warganya dalam belajar bahasa Inggris secara gratis. “Aplikasi model seperti Tangsel Belajar setahu saya belum ada di daerah lain,” urainya.

Sedangkan model Pagar Tangsel, sambung Asep adalah aplikasi pemantauan harga kebutuhan bahan pokok secara online secara tepat waktu atau realtime. “Dengan aplikasi ini masyarakat bisa mengetahui di pasar mana harga yang paling murah. Dengan aplikasi ini juga akan menghindari adanya permainan harga,” ujarnya.

Sementara Rupa Tangsel adalah aplikasi penjadwalan ruang rapat secara online. Dengan aplikasi ini maka setiap organisasi perangkat daerah (OPD) yang akan menggunakan ruangan rapat dapat mengecek jadwalnya saat itu juga apakah sedang terpakai ataupun kosong. “Selain untuk mengetahui jadwal rapat, melalui aplikasi ini, setiap OPD dapat mengajukan permohonan penggunaan ruang rapat melalui aplikasi ini,” pungkasnya. (nov)