DEPOK (Bisnis Jakarta) – Menyambut hari jadi Kota Depok, gelaran Pasar Tani yang biasanya dilakukan sebulan sekali, di bulan ini bakal secara khusus berlangsung tiga hari, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok menggelar Pasar Tani berturut-turut, yakni tanggal 23-25 April 2018 di depan Gedung Dekranasda, Balai Kota Depok.

“Dalam satu tahun, kita memiliki 12 kali kegiatan Pasar Tani, khusus di bulan April ini, kami laksanakan tiga kali. Kegiatan ini berlangsung untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Depok ke-19,” ujar Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Hortikultura DKPPP Kota Depok, Hermin Kusmiati, Jumat (13/04).

Pihaknya menjelaskan bakal ada 18 stan yang disediakan. 11 di antaranya untuk Kelompok Tani (Poktan) di setiap kecamatan, sisanya diisi oleh Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), penyuluh serta pelaku usaha lainnya.

“Untuk tanggal 23 April, kami juga melaksanakan Lomba Cipta Menu (LCM) Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), bekerja sama dengan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Nantinya akan ada 11 peserta dari setiap kecamatan yang mengikuti lomba ini. Kecamatan yang terpilih menjadi juara 1, akan dipersiapkan untuk maju ke tingkat provinsi sekitar bulan Oktober,” tambahnya.

Hermin menyebut, tidak ada target khusus yang ditekankan untuk dua kegiatan tersebut. Hanya saja, pihaknya ingin memfasilitasi Poktan di Kota Depok agar bisa mempromosikan hasil tani dan bisa mendekatkan produsen dengan konsumen.

“Untuk lomba LCM tingkat kota, kami ingin warga menerapkan pola makanan B2SA dalam kehidupan sehari-hari. Bentuk sosialisasinya ya dengan lomba yang melibatkan ibu-ibu PKK. Mudah-mudahan acara nanti bisa berlangsung semarak dan meriah,” katanya. (jif)