KUANTAN SINGINGI (Bisnis Jakarta) – Ikatan Keluarga Kuantan Singingi (IKSS) dan Karang Taruna Provinsi Riau menyiapkan menggelar acara pekan budaya dan pesta budaya 2018 di Kecamatan Kuantan Hilir.

“Kegiatan ini langkah dalam mencintai dan melestarikan budaya lokal dengan baik,” kata Ketua Umum Pelaksana Pekan Budaya Suhardiman Amby di Teluk Kuantan, Minggu.

Masyarakat Kuantan Singingi bakal menikmati pesta pekan budaya yang digelar pada 18 – 21 April 2018 mendatang dengan sejumlah agenda yang menarik sehingga dapat dinikmati semua pihak, direncanakan prosesi acara pusatkan di Kuantan Hilir, sementara pembukaan acara dilangsungkan di Tepian Lubuok Sobae.

Sejumlah atlit dayung diundang untuk mengisi acara tersebut dengan mengikuti festival pacu jalur, karena pacu jalur sudah sangat dimintati dan memasyarakat sebagai pendukung kegiatan sehingga diyakni prosesi pekan baudaya akan semakin semarak.

Untuk helat akbarnya katanya, IKSS Pekanbaru dan Karang Taruna Provinsi Riau akan melaksanakan pacu jalur di Tepian Lubuok Sobae dengan merebutkan sejumlah hadiah menarik salha satunya berupa hewan ternak.

Untuk juara I pacu jalur akan mendapat dua ekor kerbau ditambah tonggol juara, juara II akan diberikan satu ditambah satu sapi dan tonggol juara.

“Selanjutnya untuk juara III berupa dua ekor sapi dan piala,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, untuk juara IV dapat satu ekor sapi, juara V diberikan tiga ekor kambing, juara VI kami beri dua ekor kambing, peringkat VII hingga XI diberi hadiah satu ekor kambing.

Sekretaris Umum Panitia Pelaksana, Endrianto Ustha juga menambahkan, untuk saat ini semua ternak untuk hadiah tersebut sudah tersedia di Baserah.

“Jadi semua persiapan sudah matang,” tegasnya.

Salah satu warga Kuansing Ongah menyebutkan, pekan budaya sangat positip dilaksanakan, bukan saja untuk memberikan hiburan kepada masyarakat tetapi dapat menampilkan dan melestarikan seluruh budaya yang ada sehingga tidak hilang ditelan zaman.

” Ini prestasi jika pekan budaya sukses digelar,” ujarnya.

Ongah juga berharap, pada hari pelaksanaannya nanti dapat dihadiri leh Bupati dan Wakil Bupati Kuansing, selain dapat menerima berbagai aspirasi masyarakat juga melihat begitu pentingnya acara tersebut digelar untuk berkesinambungan. (ant)