PEMBINAAN ORMAS - Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bogor, melakukan pembinaan bagi pengurus ormas di kotanya. Pembinaan ini bertujuan untuk menjaga kondusivitas Kamtibmas di wilayah Bogor.

BOGOR (Bisnis Jakarta) – Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)serentak untuk  Gubernur dan Walikota Bogor, pada  27 Juni 2018, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bogor mengumpulkan puluhan pengurus organisasi masyarakat (Ormas). Pertemuan tersebut dilaksanakan di Gedung Bale Seda Kencana, Jalan Ir. Juanda, Kota Bogor.

Plt. Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat, Kota Bogor, Iman Sulaiman mengatakan, kegiatan pembinaan ormas ini sudah rutin dilakukan untuk pemberdayaan ormas. Kegiatan tersebut juga upaya dalam meningkatkan kinerja dan sinergitas ormas dengan Pemda Kota Bogor.

“Pertemuan hari ini dihadiri 20 perwakilan dan pengurus ormas yang ada di Kota Bogor. Untuk di kota sendiri tercatat ada sebanyak 103 lembaga ormas. Dari jumlah tersebut yang aktif ada sekitar 70 persennya,” kata Iman.

Menurut Iman, perkembangan ormas baik lokal maupun nasional eksistensinya sudah dijamin UU Nomor 17 Tahun 2013, tentang Organisasi Masyarakat. “Ormas sebagai mitra Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor perlu untuk terus diingatkan agar ormas ini dapat membantu dan mendukung program pemerintah di daerah,” ujarnya.

“Dalam perannya tersebut ormas bisa ikut membantu dalam mengawasi, menginformasikan atau menjembatani setiap aspirasi masyarakat kepada walikota sebagai kepala daerah atau pejabat terkait lainnya.”

Pembinaan ormas ini juga sebagai penguatan kapasitas kelembagaan, kaderisasi  kepemimpinan, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan peningkatan peran serta ormas dalam pembangunan di Kota Bogor.  “Saya berharap dengan adanya ormas-ormas di Kota Bogor ini akan selalu kondusif, aman, tentram, tidak gaduh atau rusuh sehingga masyarakat di Kota Bogor juga akan merasa aman dan nyaman dalam melakukan segala aktivitasnya,” pesannya. (bas)