Jakarta ( Bisnis Jakarta ) – Tim balap sepeda Indonesia disiplin BMX yang disiapkan untuk Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, 18 Agustus – 2 September bakal diuji kemampuannya pada dua kejuaraan dunia yang semuanya digelar di Eropa.

“Memang benar, tim BMX akan turun dibeberapa kejuaraan yang telah kami siapkan. Satu di Papendal, Belanda dan satu lagi di Zolder, Belgia,” kata manajer timnas balap sepeda Indonesia, Budi Saputra saat dikonfirmasi dari Jakarta, Rabu.

Pada dua kejuaraan dunia tersebut, Indonesia mengirimkan tiga pebalap terbaiknya yaitu I Gusti Bagus Saputra, Rio Akbar dan Tony Syarifudin. Sebelum berangkat ke Eropa, ketiga pebalap ini menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Yogjakarta.

Berdasarkan jadwal yang ada, ketiga pebalap Indonesia yang akan diandalkan di Asian Games 2018 ini terlebih dahulu akan turun di kejuaraan dunia di Papendal, Belanda, 4-6 Mei. Satu pekan berikutnya turun di Zolder, Belgia dengan level kejuaraan yang sama.

Meski kejuaraan masih terbilang cukup lama, tim BMX Indonesia ternyata sudah berangkat lebih awal guna menjalani pemusatan latihan. Hanya saja, bukan Belanda dan Belgia yang menjadi tujuan, namun mereka ke Prancis.

“Mereka sudah berangkat Sabtu (14/4),” kata Budi Saputra yang saat ini mengawal tim Down Hill Indonesia yang menjalani pemusatan latihan di Melbourne, Australia.

Tim BMX Indonesia yang disiapkan untuk Asian Games 2018 adalah empat atlet yang satu diantaranya adalah perempuan yaitu Elga Kharisma Novanda. Hanya saja, pebalap asal Malang ini harus bertahan di Indonesia untuk menjalani penyembuhan cedera pinggulnya.

Elga yang merupakan peraih emas SEA Games 2017 Malaysia itu memang fokus pada proses penyembuhan mengingat, pebalap berusia 25 tahun juga akan diandalkan pada nomor track di kejuaraan olahraga empat tahunan terbesar di Asia itu.

Cabang balap sepeda merupakan salah satu andalan Indonesia untuk meraih emas Asian Games 2018. Ada empat displin yang bakal dipertandingkan yaitu BMX, Cross Country (DH-MTB), Road Race dan Track. Disiplin BMX sesuai dengan rencana akan dipertandingkan di lintasan balap Pulomas, Jakarta. Untuk XC dan Road Race di kawasan Subang, Jawa Barat. Sedangkan Track bakal menggunakan velodrome baru yang berada di Rawamangun, Jakarta.(ant)