JAYAPURA (Binsis Jakarta) – Persipura Jayapura kembali ke puncak klasemen yang sehari sebelumnya direbut Persija Jakarta. Kemenangan 2-1 atas tamunya, Mitra Kukar, di Stadion Mandala, Jayapura, Sabtu (21/4/2018), menjadikan Mutiara Hitam belum terkalahkan hingga  pekan kelima Liga 1 2018.

Gol Persipura dicetak Ian Louis Kabes pada menit 12 dan Marcel Silva Sacramento (20), sedangkan gol Mitra Kukar dicetak Septian David Maulana pada menit-menit akhir pertandingan.

Raihan tiga poin membuat Persipura berada duduk di puncak klasemen Liga 1 2018 dengan torehan 11 poin dan unggul satu angka di atas Persija. Sementara itu, Mitra Kukar harus terpelosok ke posisi 17 dengan kemasan empat poin dari lima pertandingan.

Persipura harus kehilangan Ricardo Salampessy yang mengalami cedera sejak menit ke-10. Ricardo Salampessy ditarik keluar dan digantikan oleh Abdoulaye Maiga. Usaha yang dibangun Persipura membuahkan hasil ketika laga memasuki menit ke-12. Tendangan bebas Ian Kabes menukik tajam ke gawang Mitra Kukar yang dijaga Gerri Mandagi. Lalu, Marcel Silva Sacramento berhasil menambah keunggulan pada menit ke-20 melalui sundulan. Penyerang asal Brasil itu sukses memanfaatkan tendangan sepak pojok dari Ian Kabes. Keunggulan 2-0 Persipura atas Mitra Kukar berakhir hingga babak pertama.

Pada babak kedua, Persipura yang mendapatkan peluang emas belum berhasil menambah pundi-pundi golnya. Sementara itu, Mitra Kukar baru bisa mencetak gol ketika memasuki menit ke-90lewat aksi Septian David Maulana. (grd)