TERJATUH – Pemain Bali United Stefano Lilipaly terjatuh saat dihadang pemain Barito Putra Aaron Michael Evans (kiri) pada pekan kelima Liga 1 2018 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (22/4). Bali United menang atas Barito Putra dengan skor 2-0. (Foto: Antara)

GIANYAR (Bisnis Jakarta) – Kemenangan Bali Untied FC atas Barito Putra pada pekan ke-5 Liga 1 2018 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Minggu (22/4) sore ini begitu berarti bagi pelatih kepala Bali United Widodo C Putro. Mantan striker timnas Indonesia ini mampu mempertahankan keunggulannya atas Jacksen F Tiago yang membesut Barito Putra. Dalam dua pertemuan musim lalu, Bali United melibas Barito Putra dengan skor 5-0 saat menjadi tuan rumah pada putaran pertama dan menahan imbang sang lawan 1-1 di putaran kedua.

Bermain di bawah dukungan ribuan fans fanatiknya, Bali Untied sudah memiliki peluang saat pertandingan memasuki menit ke-6. Sayang tendangan Ahn Byung-keon yang memanfaatkan tendangan pojok masih lemah dan membentur tiang gawang. Menit ke-10 Bali United kembali membuat peluang, namun tendangan Stefano Lilipaly masih bisa diamankan kiper Barito.

Tujuh menit berselang gelandang Bali United Nick Van der Velden berhasil menggetarkan jala gawang Barito. Namun gol itu dianulir karena VDV terjebak offside. Menit ke-23 Spasojevic mendapat umpan matang Van Der Velden, sayang sundulannya masih bisa diamankan Adhitya Harlan. Bali United kembali mendapat peluang di menit ke-33. Namun tendangan langsung Milos Krkotic masih belum menemui sasaran.

Barito Putera yang lebih banyak mengandalkan serangan balik, mendapat peluang dari kaki Douglas Packer. Tendangan jarak jauhnya yang menyulitkan masih bisa ditip penjaga gawang tuan rumah Wawan Hendrawan.

Gol yang ditunggu-tungg akhirnya hadir pada menit ke-44. Lilipaly yang berdiri bebas di kotak penalti tak menyia-nyiakan umpan matang Van der Velden. Dengan cerdik ia menempatkan bola ke tiang jauh dengan cara mencungkil bola. Skor 1-0 inipun menutup babak pertama dengan keunggulan tuan rumah.

Memasuki babak kedua, Bali United mengganti Milos Krkotic dengan I Nyoman Sukarja. Dan Barito Putera memasukkan Rizky Pora dan Dandi Maulana.  Peluang bagi Bali United di babak kedua datang dari Ahn Byung-keon. Mendapat bola dari sepak pojok, sundulan Ahn masih melebar tipis di samping gawang. Sedangkan tendangan jarak jauh Lilipaly di menit ke-63 masih bisa dimentahkan kiper Barito.

Barito juga mendapat peluang emas di menit ke-66. Samsul Arif berlari kencang ke arah kotak penalti Bali United. Ia melepaskan sebuah tendangan ke arah gawang. Sentuhan Wawan Hendrawan membuat bola berbelok ke luar lapangan.

Dan tendangan Rizky Pora beberapa menit berselang masih bisa ditangkap oleh Wawan Hendrawan. Bali United kembali membuat peluang di menit ke-78. Sukadana melepaskan sebuah tendangan yang masih membentur mistar gawang.

Dua menit berselang tendangan Hansamu Yama masih lemah. Tendangan Samsul Arif juga masih melambung.  Bali United berhasil menggandakan keunggulan saat memasuki injury time. Pergerakan Lilipaly membuat ia dijaga dua orang pemain, sehingga Yandi Sofyan berdiri bebas.

Lilipaly memberi bola ke Yandi Sofyan yang lalu menggocek penjaga gawang dan melepaskan tendangan keras ke gawang yang sudah kosong.  Skor 2-0 menjadi akhir pertandingan ini. Dengan tambahan tiga poin Bali United kini mengoleksi sembilan poin dan menggeser PSM Makassar di peringkat keempat klasemen sementara. (grd)