Milan ( Bisnis Jakarta ) – Tim peringkat kedua Napoli membuat persaingan perebutan gelar juara Liga Italia tetap terbuka pada Minggu, ketika Kalidou Koulibaly mencetak gol melalui sundulan kepala pada menit terakhir untuk membawa mereka menang 1-0 di markas tim pemuncak klasemen Juventus.

Napoli memangkas selisih antara mereka sendiri dengan klub Turin itu menjadi hanya satu poin dengan empat pertandingan tersisa untuk dimainkan, membuat musim Liga Italia akan menjalani akhir dramatis.

Juventus, yang mengejar gelar beruntun ketujuhnya, masih menghadapi pertandingan tandang yang berat di markas Inter Milan dan AS Roma.

Napoli mendominasi permainan namun terlihat kehabisan ide dan energi sampai menit terakhir ketika Jose Callejon mengirimkan tendangan sudut yang disambut pemain internasional Senegal tersebut dengan sundulan kepala, yang tidak dapat diantisipasi Gianluigi Buffon.

Juventus, yang kerap meraih kemenangan dari situasi-situasi serupa, tertunduk saat para pemain Napoli merayakan kemenangan ini.

Juventus harus merombak pertahanan mereka setelah Giorgio Chiellini ditarik keluar lapangan pada menit ke-11 meski mereka sempat terlihat hampir unggul melalui tendangan bebas Miralem Pjanic yang terdefleksi ke tiang gawang.

Ketika Napoli mengendalikan permainan, Marek Hamsik berada dalam posisi bebas dan melepaskan tembakan melintasi mulut gawang, Mario Rui mengirim umpan silang yang ditepis Buffon dan Lorenzo Insigne mencetak gol yang tidak disahkan karena offside.

Napoli terus mendominasi setelah turun minum namun gagal untuk menembus pertahanan rapat Juve.

Pertandingan ini terlihat akan berakhir imbang, yang akan menguntungkan bagi Juventus, sampai tembakan Lorenzo Insigne dibelokkan Buffon untuk menjadi tendangan sudut yang menentukan.

Setelah semua permainan operan cantik mereka, justru sundulan kepala dari bek tengah yang akhirnya mematahkan pertahanan Juve.

Juventus memimpin dengan 85 poin, sedangkan Napoli memiliki 84 poin, disusul AS Roma dan Lazio dengan 67 poin.

Benevento terdegradasi Lazio menghancurkan Sampdoria dengan skor 4-0 pada pertandingan Liga Italia yang berlangsung pada Minggu untuk tetap berada di jalur untuk dapat tampil di Liga Champions musim depan, sedangkan Benevento terdegradasi setelah hanya satu musim berada di kasta tertinggi karena kemenangan 2-1 yang didapat Crotone di markas Udinese.

Tandukan kepala dari Sergej Milinkovic-Savic dan Stefan de Vrij membawa Lazio memimpin 2-0 saat turun minum, sebelum pencetak gol terbanyak di Liga Italia Ciro Immobile menambahi dua gol pada lima menit terakhir untuk membuat dirinya telah mengoleksi 29 gol dan klubnya mencatatkan 83 gol.

Empat tim teratas lolos langsung ke fase grup Liga Champions musim depan, dan kemenangan Lazio mempertahankan mereka di peringkat keempat dengan 67 poin, di belakang AS Roma karena kalah rekor “head to head.” Gol-gol di babak kedua dari Mauro Icardi, yang kini telah mengoleksi 26 gol, dan Ivan Perisic membawa Inter Milan menang 2-1 di markas Chievo yang mempertahankan mereka di peringkat kelima dengan 66 poin.

Atalanta menang atas Torino dengan skor yang sama untuk menduduki peringkat keenam, mendorong AC Milan turun ke peringkat ketujuh dan terlempar dari posisi Liga Europa setelah mereka secara mengejutkan kalah 0-1 dari tamunya Benevento pada Sabtu.

Davide Faraoni mencetak gol pada menit ke-86 untuk membawa Crotone menang 2-1 di markas Udinese, yang menelan kekalahan ke-11 secara beruntun di liga. Kevin Lasagna membawa Udinese unggul terlebih dahulu pada menit kelima, namun Simy menyamakan kedudukan dua menit kemudian.

Crotone berada di peringkat ke-17 dengan 31 poin, satu posisi di atas zona degradasi, dan unggul 14 poin atas Benevento yang mustahil dapat mengejar mereka.(ant)