TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Pelaksanaan UNBK tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) hari pertama, (23/4) diwarnai kekacauan. Hal ini disebabkan adanya kendala sistem yang mengakibatkan pelaksanaan ujian molor hampir satu setengah jam. “Dari pusatnya sistemnya error, ada kendala sistem,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Tangsel Taryono.

Dari informasi yang diterima, di SMP Negeri 3 Tangsel, ditengah guyuran hujan deras di wilayah Tangsel sejak pagi, para siswa yang telah standby sejak pukul 07.30 WIB pagi terpaksa baru bisa melaksanakan ujian pukul 08.45 WIB.

Akibat kekacauan sistem tersebut, Siswa SMP 3 Tangsel yang berjumlah 441 orang inipun resah dan terganggu konsentrasinya. Selain itu, pelaksanaan UNBK yang terbagi menjadi dua sesi ini pun mengalami kemunduran. Yang awalnya sesi pertama dimulai sejak pukul 07.30 hingga pukul 09.30 WIB kini mundur menjadi pukul 08.40 hingga 10.40  WIB dan sesi kedua diperkirakan dimulai pukul 11.30 hingga 13.30 WIB.

Kendati demikian, pihak Diknas mengaku terus berkoordinasi dengan Kemendikbud agar pelaksaan UNBK kembali berjalan lancar. “Semua sudah on, kami sudah koordinasi dengan pusat (Kemendikbud) terus,” tandasnya. (nov)