London ( Bisnis Jakarta ) – Pemain Everton Theo Walcott mencetak gol tepat setelah turun minum untuk mengamankan kemenangan kandang 1-0 atas Newcastle United pada Senin yang membawa tim berjuluk “Merseyiders” itu naik ke urutan kedelapan di klasemen sementara Liga Inggris (Premier League), posisi tertinggi mereka musim ini.

Setelah laga pembuka berjalan setengah jam di Goodison Park, Ayoze Perez seharusnya menempatkan tim tamu unggul di menit ke-50, tetapi tembakannya masih melebar dari gawang Jordan Pickford setelah sempat dijegal oleh pemain asal Brazil Kenedy.

Beberapa saat kemudian, Everton memimpin di depan ketika Yannick Bolasie menyodorkan umpan silang dari sisi kanan dan mantan pemain sayap Arsenal Walcott sejenak menggiring bola sebelum melepaskannya ke gawang lawan untuk memastikan kemenangan tuan rumah dan mengangkat mereka menjadi 45 poin dari 35 pertandingan.

Newcastle yang bercokol di peringkat 10 berupaya melakukan tekanan-tekanan pada menit-menit akhir pertandingan, karena mereka berupaya mengejar poin yang secara matematis mampu menjamin kelangsungan hidup mereka di liga papan atas Inggris tersebut. namun mereka tidak dapat menciptakan peluang dan tetap pada 41 poin, terpaut 12 di atas zona degradasi.(ant)