JAKARTA (Bisnis Jakarta) РPenyerang tim nasional Indonesia Ilija  Spasojevic bertekad tak ingin membiarkan Bahrain kembali membantai Indonesia ketika kedua tim bertemu di Anniversary Cup 2018, Jumat (27/4).

Bahrain mengalahkan Timnas kualifikasi Piala Dunia 2014 pada 29 Februari 2012 di Stadion Nasional Bahrain di Riffa, Bahrain. Saat itu, Bahrain mencukur Indonesia dengan skor 10-0, kekalahan terbesar yang pernah dialami timnas Indonesia sampai saat ini.

“Yang saya tahu dari Bahrain adalah hasil pertandingan sebelumnya. Saya tidak mau itu terulang kembali,” ujar Spaso di Jakarta.

Karena itu, penyerang yang bermain di tim Liga 1 2018 Bali United tersebut menegaskan timnya akan mengerahkan semua kemampuan demi hasil positif di Anniversary Cup 2018 yang dimulai Jumat (27/4). Meski diakui Spaso berat karena tiga peserta Annivesary Cup 2018 yaitu Bahrain, Uzbekistan dan Korea Utara dianggapnya tim kuat.

“Kami tidak bisa menjanjikan kemenangan tetapi kami akan selalu berusaha untuk itu. Yang jelas, kami mau berjuang untuk membuat rakyat Indonesia bangga,” kata dia.

Pertandingan Indonesia versus Bahrain di Anniversary Cup 2018 sendiri akan berlangsung di hari pertama, Jumat (27/4), mulai pukul 19.30 WIB. Menurut asisten pelatih timnas Indonesia Bima Sakti, salah satu strategi yang akan diterapkan di laga itu adalah menekan dengan rapat (high pressing).

“Tim harus rebut bola dan secepatnya memindahkan bola sembari melakukan transisi,” tutur Bima.

Turnamen Anniversary Cup digelar untuk memperingati ulang tahun PSSI ke-88 dan diikuti empat negara yaitu Indonesia, Bahrain, Uzbekistan dan Korea Utara. Selain itu, kompetisi ini ditujukan sebagai turnamen uji coba menjelang Asian Games 2018 di mana Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah.

Sistem kompetisi turnamen yang berlangsung pada 27 April-3 Mei 2018 ini adalah setengah kompetisi atau “round robin”, di mana juaranya yaitu tim dengan catatan poin tertinggi. Seluruh pertandingan Anniversary Cup 2018 akan berlangsung di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pelatih timnas U-23 Luis Milla memanggil 24 nama untuk mengikuti PSSI Anniversary Cup 2018 yang digelar mulai Jumat (27/4). Dari jumlah tersebut, tiga pemain merupakan pemain senior yang usianya di atas 23 tahun yakni Lerby Eliandry, Andritany Ardhiyasa dan Ilija Spasojevic. (grd/ant)