MALANG (Bisnis Jakarta) – Arema FC akhirnya memetik kemenangan perdana di ajang Liga 1 2018 dengan menaklukkan tim pemuncak klasemen, Persipura Jayapura dengan skor 3-1 di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Jawa Timur, Jumat sore. Kekalahan bagi Persipura ini merupakan yang pertama kali terjadi setelah di lima pekan sebelumnya belum merasakan kekalahan.

Tiga gol Arema yang membobol gawang Persipura yang dikawal Dede Sulaiman itu masing-masing dicetak oleh Rivaldi Bawuo di menit ke-45, dan Dedik Setiawan di menit ke-47 dan menit ke-70. Sementara gol balasan Persipura Jayapura dicetak Todd Rivaldo Ferre pada menit ke-90.

Sejak kick off babak pertama, Arema FC terus berupaya menjaga gawangnya yang dikawal Joko Ribowo agar tidak sampai kebobolan pada menit-menit awal. Lini pertahanan Arema FC benar-benar berupaya bekerja keras agar tidak sampai bobol.

Pertandingan babak pertama berjalan sengit. Kedua tim saling jual beli serangan. Namun, pemain Arema FC kian gencar melakukan serangan cepat melalui kaki Dedik Setiawan. Pada menit ke-5 Arema FC mendapat tendangan bebas setelah salah satu pemain Persipura dianggap melanggar oleh wasit Oky Dwi Putra Senjaya.

Tiga poin ini mengangkat Arema dari posisi terbawah ke peringkat 14, satu strip di atas PSIS dengan sama-sama memiliki 5 poin. Posisi terbawah saat ini ditempati PS Tira yang akan menjamu Bali United di pekan ke-6 pada Senen (30/4) mendatang.

Akhirnya bola mati yang dipercayakan kepada Syaiful Indra Cahya yang langsung mengumpan ke pemain depan Arema FC, namun Thiago Furtuoso yang mendapatkan umpan tersebut gagal memanfaatkan bola lambung di depan penjaga gawang Persipura, Dede Sulaiman.

Selang dua menit, pemain cepat Arema FC, Rivaldi Bawuo mendapat peluang di depan mulut gawang, namun sepakannya terlalu pelan, sehingga mudah diamankan Dede Sulaiman. Pada menit ke-10 Dedik Setiawan menyisir dari sisi kanan pertahanan Persipura, bola langsung diumpan ke Bawuo hampir menjadi gol bagi Arema FC.

Pada menit ke-13 pemain tengah Persipura, Kararbo mendapat peluang emas, namun sayang bola bisa diantisipasi penjaga gawang Arema FC, Joko Ribowo. Pada menit 23 umpan datar cantik dari Dedik Setiawan di depan gawang tak mampu dimanfaatkan Rivaldi Bawuo, hingga bola melambung di atas mistar gawang.

Menit ke-41 Arema FC kembali mendapat peluang umpan bagus dari Dedik ke Rivaldi Bawuo, sayang bola melesat tipis di atas penjaga gawang, Dede Sulaiman. Menit-menit terakhir babak pertama Arema FC berhasil memecah kebuntuan dengan gol cantik Rivaldi Bawuo lewat umpan Dedik Setiawan. Dan, hingga wasit meniup peluit babak pertama usai dan turun minum skor 1-0.

Memasuki 45 menit babak kedua, pertandingan tetap sengit. Arema langsung menggebrak dan menerobos jantung pertahanan Persipura. Hasilnya, anak asuh Peter Butler itu kebobolan kembali setelah babak kedua baru berlangsung dua menit atau pada menit ke-47.

Dedik Setiawan tak menyia-nyiakan peluang emas dan berhasil menjebol gawang Dede Sulaiman. Meski sudah unggul 2-0, para pemain Arema tidak menyurutkan serangannya, justru sebaliknya termotivasi untuk menambah pundi-pundi golnya.

Pada menit ke-70 Dedik Setiawan menambah keunggulan Arema menjadi 3-0 atas Persipura Jayapura. Namun, Persipura berhasil memperkecil kekalahan di menit ke-90 melalui kaki Todd Rivaldo Ferre dan skor pun berubah menjadi 3-1.

Hingga wasit Okky Dian meniup peluit panjangnya tanda babak kedua berakhir, skor tetap 3-1. Hasil ini juga merupakan kekalahan perdana bagi Persipura. (grd/ant)