Marseille ( Bisnis Jakarta ) – Pemain Olympique de Marseille Dimitri Payet menjadi aktor di balik kedua gol timnya ketika ia memimpin mereka untuk menang 2-0 atas tamunya Salzburg pada leg pertama semifinal Liga Europa pada Kamis.

Florian Thauvin menanduk bola tendangan bebas Payet pada menit ke-15 dan Clinton Njie dengan tenang mengemas gol kedua pada menit ke-63, untuk membawa Marseille berada di posisi yang unggul saat melawan sang juara Austria.

Payet, yang berupaya untuk menembus timnas Prancis untuk Piala Dunia dengan laju impresifnya, memainkan peran kunci pada laju Marseille menuju empat besar dengan lima assist dan tiga gol di fase gugur.

Marseille, yang menggeser gelandang Luiz Gustavo untuk mengisi posisi bek tengah karena Rolando cedera, dengan cepat membongkar pertahanan lawan dan Thauvin mengemas gol ke-22nya musim ini, mengungguli pengawalnya untuk menanduk tendangan bebas Payet ke tiang jauh.

Marseille menghentikan sang juara Austria untuk menerapkan gaya bermain menekan mereka, dan memperbesar keunggulan pada menit ke-63.

Kali ini Payet bergerak bebas di sisi kiri, bergerak memotong dan menunggu momen untuk mengirimkan bola ke jalur pergerakan pemain Kamerun Njie yang kemudian menaklukkan kiper Alexander Walke.

Gol ini tercipta tidak lama setelah tim tamu terlihat akan menyamakan kedudukan dan beberapa menit setelah kiper Marseille Yohann Pele mampu menepis tembakan Hannes Wolf ke atas mistar gawang.

Tim tamu semestinya mendapatkan gol tandang menjelang akhir pertandingan namun upaya pemain pengganti Gulbrandsen membentur tiang gawang dengan sepakan volinya, untuk membuat mereka memiliki pekerjaan berat pada pertandingan leg kedua yang akan berlangsung pada 3 Mei.(ant)