Barcelona ( Bisnis Jakarta ) – Petenis peringkat satu dunia Rafael Nadal melaju ke perempat final Barcelona Terbuka setelah mengalahkan kompatriotnya Guillermo Garcia-Lopez dengan skor 6-1, 6-3 dan memperpanjang rekornya yakni 40 kemenangan set secara beruntun di lapangan tanah liat.

Unggulan teratas itu, yang telah sepuluh kali menjuarai turnamen ini, akan bertemu petenis Slovakia Martin Klizan, yang menyingkirkan Novak Djokovic pada putaran kedua, pada Jumat setelah menundukkan Garcia-Lopez dengan penyelesaian yang cepat pada set pertama.

Ia melaju untuk memimpin 4-1 pada set kedua namun melambat ketika ia menyerahkan servenya, meski ia segera bangkit untuk memastikan kekalahan lawannya.

“Ketika saya memimpin 4-1 saya sedikit kehilangan intensitas namun secara umum saya bermain baik,” kata Nadal pada konferensi pers.

“Saya merasa baik sejak awal, bermain dengan lebih banyak intensitas dibanding kemarin dan bermain dengan lebih lancar dan nyaman pada setiap kesempatan.” Unggulan kedua Grigor Dimitrov selamat dari ancaman yang diberikan Malek Jaziri untuk melaju ke delapan besar, menaklukkan petenis Tunisia itu dengan skor 7-5, 3-6, 7-6(8) menyusul tiebreak yang berlangsung ketat.

Jaziri, yang menghuni peringkat ke-88 dunia, balik memberikan perlawanan setelah kalah pada set pertama untuk kemudian memenangi set kedua dan ia terlihat akan memberikan kejutan berikutnya di Barcelona setelah kekalahan Djokovic dan pengunduran diri Kei Nishikori karena cedera, ketika ia memimpin 4-2 atas petenis unggulan kedua pada set ketiga.

Petenis Bulgaria Dimitrov mampu menyamakan kedudukan menjadi 5-5 namun berada di bawah tekanan pada gim ke-12, sebelum kemudian memaksakan tiebreak.

Ia akhirnya mengakhiri kegigihan Jaziri pada match point keempatnya, ketika pukulan petenis Tunisia itu mengenai net untuk mengakhiri pertandingan yang berlangsung selama dua jam 49 menit.

Dimitrov akan bertemu petenis Spanyol Pablo Carreno Busta, yang mengalahkan petenis Prancis Adrian Mannarino dengan skor 6-2, 4-6, 7-6 (8-6) pada pertarungan tiga set lainnya, di mana para penggemar yang berada di lapangan Rafael Nadal melihat petenis peringkat satu dunia itu mengarahkan pandangannya terhadap pertandingan yang berlangsung di Lapangan Satu.

Carreno Busta menghuni peringkat ke-11 dunia sedangkan Mannarino berada di peringkat ke-27, namun setelah tampil bagus pada set pertama ia kalah pada set kedua dan selamat dari match point untuk memenangi tiebreak.

Klizan menaklukkan petenis Spanyol Feliciano Lopez dengan skor 6-1, 6-4 untuk mempersiapkan pertemuan dengan Nadal, sedangkan runner up tahun lalu Dominic Thiem juga menembus delapan besar, dengan kemenangan 7-6, 6-2 atas petenis Slovakia Jozef Kovalik.

Thiem akan bertemu petenis Yunani Stefanos Tsitsipas, yang mengalahkan petenis Spanyol Albert Ramos Vinolas 6-4, 7-5.

Petenis Belgia David Goffin menang 6-2, 7-6(2), 6-0 atas petenis Rusia Karen Khachanov, untuk menyiapkan pertemuan dengan petenis Spanyol Roberto Bautista Agut, yang mengalahkan kompatriotnya Pablo Andujar dengan skor 6-4, 6-1.(ant)