TEATER KAMPUS – Plt. Walikota Bogor, Usmar Hariman, didampingi Kepala Disparbud, H. Shahlan Rasidi, saat membuka ajang tahunan Parade Terater Kampus 2018, di Gedung Kesenian Kemuning Gading, Kota Bogor.

BOGOR (Bisnis Jakarta) – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), bersama Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kota Bogor (DK3B) menggandeng Federasi Teater Kampus se-Kota Bogor menggelar Parade Teater Kampus Bogor 2018, di Gedung Kesenian, Kemuning Gading, Kompleks Balaikota Bogor.

Plt. Walikota Bogor, Ir. Usmar Hariman, mengatakan, untuk memajukan seni teater di Kota Bogor dibutuhkan sinergitas antara Federasi Teater Kampus, Disparbud dan DK3B. Jika sinergitas dan komunikasi berjalan dengan baik, bisa membuahkan prestasi seperti yang sudah dilakukan federasi teater pelajar.

“Saya berharap senergitas seperti ini harus terus dikembangkan agar seni Teater ini semakin berkembang,” kata Usmar, Senin, (30/04).

Mantan politisi Partai Demokrad Kota Bogor itu mengatakan, yang paling penting dari sebuah ajang pementasan seni teater bukanlah semata-mata memberikan pesan yang terbaik untuk kebersamaan atau pesan-pesan moral yang disampaikan melalui peran tokoh dalam sebuah teater.

“Dalam parade seni teater yang terpenting sebetulnya bukan hanya pertunjukan sebagai tontonan semata, tetapi saya juga berharap pertunjukan teater ini juga dapat menjadi tuntunan bagi penontonnya dan masyarakat luas,” harap Usmar.

Dalam cerita yang diperankan oleh para tokoh dipertunjukan teater ini dapat diselipkan pesan-pesan moral yang positif kepada masyarakat.

“Tentu kami selaku pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan siap untuk mendukung kemajuan seni teater di Kota Bogor,” tegasnya.

Kepala Disparbud Kota Bogor, H. Shahlan Rasyidi menjelaskan, bahwa kegiatan Parade Teater Kampus di Bogor ini sudah rutin diselenggarakan setiap tahun. Untuk tahun ini parade teater kampus diikuti 4 perguruan tinggi, yakni UIKA, Unpak, Sekolah Tinggi Kejuruan Muhamadiyah dan Akademi Kimia Analis, Kota Bogor.

“Biasanya dari kampus Unida dan IPB juga ikut serta namun tahun ini absen dulu karena ada kegiatan yang lain,” jelas H. Shahlan.

Menurut Shahlan, tujuan utama dari kegiatan tersebut yakni untuk pelestarian dan pengembangan teater diperguruan tinggi di kotanya. Selain itu juga sebagai bentuk sinergitas antara Disparbud, DK3B dan mahasiswa Bogor.

“Kegiatan ini akan berlangsung selama lima hari (30/04 – 05/05). Ajang ini sekaligus menjadi wadah untuk silaturahmi bagi para mahasiswa antar kampus di Kota Bogor,” jelasnya. (bas)