Madrid ( Bisnis Jakarta ) – Atletico Madrid mendapatkan kemenangan tandang pertama mereka di Liga Spanyol dalam rentang waktu lebih dari dua bulan berkat kemenangan 1-0 di markas Alaves pada Minggu, yang didapat melalui penalti larut yang dikonversi penyerang Prancis Kevin Gameiro setelah Fernando Torres menyia-nyiakan penalti sebelumnya.

Pelatih Atletico Diego Simeone menyimpan penyerang Antoine Griezmann, gelandang Saul Niguez, bek Jose Gimenez, dan kiper pilihan pertama Jan Oblak untuk lawatan ke Basque agar mereka tetap segar untuk pertandingan leg kedua semifinal Liga Europa melawan Arsenal, di mana pada pertandingan pertama mereka bermain imbang 1-1.

Diego Costa melakukan penampilan perdananya sebagai pemain inti setelah dua bulan absen karena masalah pada ototnya, meski demikian pemain Atletico yang paling berbahaya adalah pemain sayap Vitolo, yang memiliki peluang yang mengenai tiang gawang pada babak kedua dan belakangan membuat timnya mendapatkan penalti pertama yang gagal dimanfaatkan Torres ketika ia didorong gelandang Ghana Mubarak Wakaso.

Tembakan Torres dapat digagalkan mantan kiper Real Madrid Fernando Pacheco pada menit ke-71, namun Atletico segera mendapatkan penalti lainnya ketika Wakaso kembali menjadi sosok yang bersalah, kali ini karena tangannya memblok tembakan Torres.

Gameiro baru berada di lapangan selama 15 menit dan mengambil tanggung jawab untuk menjadi eksekutor untuk memecah kebuntuan pada menit ke-78.

Pemain sayap Atletico asal Argentina Angel Correa diusir keluar lapangan pada fase akhir pertandingan karena mendapatkan dua kartu kuning secara beruntun, satu karena pelanggaran dan satu lagi karena protesnya terhadap keputusan itu.

Atletico berada di peringkat kedua klasemen dengan 75 poin, unggul empat poin atas tim peringkat ketiga Real Madrid meski mereka telah memainkan satu pertandingan lebih banyak dan tertinggal delapan poin dari pemuncak klasemen Barcelona, yang akan mengunci gelar Liga Spanyol ke-25 mereka jika mereka bermain imbang atau menang di markas Deportivo La Coruna pada Minggu malam.(ant)