JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Puluhan pelaku usaha mikro dan kecil dari berbagai kota di Indonesia diajak menjajakan produk-produk khas mereka di bekas Pabrik Gula Colomadu di Karanganyar, Jateng. Para pelaku usaha mikro dan kecil ini merupakan mitra binaan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang hadir di Karanganyar dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) beberapa BUMN  yang dihadiri oleh Menteri BUMN RI Rini M Soemarno.

Selain Menteri BUMN, juga hadir  Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, jajaran direksi BUMN, serta 20 peserta Pameran Kuliner serta sekitar 10 peserta Pameran Kerajinan. Peringatan HUT BUMN ini juga dimeriahkan oleh penampilan Chef dan para barista yang memberikan workshop penyajian kopi. Workshop penyajian kopi diketengahkan oleh salah satu mitra binaan BNI yaitu Kopi Sedulur.

BNI melengkapi perhelatan ini dengan menyediakan layanan bertransaksi digital terkini. Tidak hanya menyediakan sarana transaksi pembayaran menggunakan Kartu Kredit, Kartu Debit, atau uang elektronik, BNI juga menyediakan sarana pembayaran dengan menggunakan BNI yap!. BNI yap! Merupakan terobosan terbaru dari lembaga perbankan saat ini karena merupakan aplikasi pembayaran dengan  dana dari 3 sumber sekaligus, yaitu Kartu Debit, Kartu Kredit, dan UnikQu.

Corporate Secretary BNI Kiryanto menuturkan, BUMN-BUMN yang mengajak mitra binaannya adalah BNI, Angkasa Pura II, Pertamina, Pelni, Pupuk Indonesia Holding Company, Jasa Marga, PTPN 9, Wijaya Karya, Taspen, Pegadaian, Kereta Api, Askrindo, Bank BRI, Mandiri, BTN, PLN, Bukit Asam, Telkom Indonesia, dan Hutama Karya.

Mitra binaan tersebut membawa beragam produk khas antara lain produk jamur Bara Jamur, minuman herbal, camilan tradisional, madu, mie berbahan buah naga, hingga beragam minuman kopi. Para mitra binaan juga menjajakan beragam kerajinan tangan mulai dari aksesoris logam, hiasan topeng kayu, kain batik, hingga sepatu.

HUT BUMN ini juga dimeriahkan oleh peragaan busana dengan tema A Night Fashion Show In The Museum, Kartini Millennials Inspiring Runway. Uniknya, peragaan busana kali ini tidak hanya diisi oleh peragawan dan peragawati profesional, melainkan juga jajaran direksi BUMN dan pejabat teras Kementerian BUMN perempuan. Salah satunya adalah Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati.

Rangkaian HUT BUMN diisi dengan sepeda santai bertajuk Tour De Tjolomadu 2018 dalam rangka Sinergi BUMN. Menteri BUMN Rini Soemarno mengikuti sepeda santai ini ditemani direktur-direktur utama Bank-bank Milik Negara, termasuk Direktur Utama BNI Achmad Baiquni. (son)