JAKARTA (Bisnis Jakarta) – BNI mengajak sekitar 25.250 pelajar dari setiap jenjang pendidikan untuk mengenal lebih dekat kondisi perbankan Indonesia dengan melihat kantor-kantor cabang operasional BNI dari Sabang sampai Merauke, mulai dari pelajar Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah  Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Undangan ini disampaikan secara serentak pada tanggal 2 Mei 2018 kepada para pelajar dan guru-guru pendampingnya untuk mengunjungi outlet-outlet BNI di seluruh penjuru Indonesia.

Rangkaian acara ini diselenggarakan BNI untuk berpartisipasi dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada tanggal 2 Mei 2018 sekaligus sebagai perwujudan Tema peringatan Hardiknas tahun ini yaitu “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Puncak acara kunjungan atau Field Trip pelajar ke outlet BNI dilaksanakan di Kantor Pusat BNI  Jakarta, Rabu (2/5) dihadiri Direktur Utama BNI Achmad Baiquni. Hadir pula Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Khamim, Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan BNI Catur Budi Harto, serta sekitar 320 tamu undangan, termasuk siswa-siswa pelajar TK, SD, SMP, dan SMA atau sederajat beserta para guru pendamping dari Jakarta dan sekitarnya.

Baiquni menuturkan, kegiatan field trip ini bertemakan Banking Service Excellence. Tujuan aktivitas ini adalah memperkenalkan penerapan Service Excellence atau Pelayanan Prima di BNI dan perbankan Indonesia pada umumnya. Dengan mengundang para pelajar tersebut, BNI mengharapkan akan dapat menanamkan budaya melayani sejak dini kepada generasi muda. “Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi BNI terhadap seluruh masyarakat Indonesia dalam upaya meningkatkan kualitas manusia Indonesia melalui sektor pendidikan, sekaligus mewujudkan tanggung jawab BNI sebagai agen pembangunan,” ungkap Baiquni.

Field Trip ini juga sekaligus mendekatkan layanan perbankan kepada pelajar, sehingga dapat menjadi bagian dari upaya mempercepat literasi keuangan yang terus digelorakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk pengembangan literasi keuangan ini, para pelajar yang mengunjungi ke-800 outlet BNI akan berkesempatan berinteraksi dengan garda terdepan layanan perbankan, mulai dari Customer Service, Teller, Petugas Satuan Pengamanan, hingga Penggunaan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Ditambahkan oleh Catur Budi Harto, BNI serius dalam mempertahankan layanan-layanan yang unggul dalam rangka memuaskan nasabah dan masyarakat lain pengguna jasa perbankan di Indonesia, bahkan hingga keluar negeri. Salah satu upaya mempertahankan Pelayanan Unggul agar dapat meluas secara nasional ke seluruh cabang BNI di seluruh Indonesia adalah dengan menggelar ajang Competition, Awarding, dan Recognition dalam bentuk BNI Service & Sales Excellence Award (SSEA) Tingkat Nasional yang digelar setiap tahun. Pada tahun ini, SSEA akan digelar pada 11 – 12 Mei 2018.

Sebelum ini, BNI tercatat sebagai bank yang mendapatkan berbagai apresiasi dalam hal pelayanan, yaitu Pertama, Diamond Award yang merupakan Kategori Tertinggi Regular Banking – Service Quality Award 2017 by Center for Customer Satisfaction & Loyalty (CCSL) pada Agustus 2017. Kedua, Peringkat kedua – Silver Champion pada kategori Bank BUKU IV – Wow Service Excellence Award 2017 pada Desember 2017 dari Mark Plus Inc. Ketiga, Peringkat 1 (Bank BUMN) dalam hal Satisfaction, Loyalty, dan Engagement Survey pada April 2018 dari Marketing Research Indonesia (MRI). (son)