MADRID (Bisnis Jakarta) – Real Madrid maju ke final kompetisi sepak bola antarklub Liga Champions, setelah menyingkirkan Bayern Munich pada pertandingan semifinal, Selasa malam (Rabu dinihari WIB).

Pertandingan semifinal leg kedua di Stadion Santiago Bernabeu Madrid itu berakhir dengan skor 2-2, atau agregat 4-3 untuk kemenangan klub Spanyol itu. Sebelumnya pada pertandingan leg pertama pekan lalu Real Madrid menang 2-1 atas tuan rumah Bayern Munich.

Bayern sempat memberi tanda mereka bakal mampu membalas kekalahan di leg pertama, setelah membuka skor melalui Joshua Kimmich ketika pertandingan baru berjalan tiga menit. Namun Real dapat membalas gol cepat tersebut melalui pemain asal Prancis Karim Benzema pada menit ke-11 setelah mendapat umpan dari Marcelo.

Berzema kembali menjadi penyelamat Real ketika ia mencetak gol kedua pada menit ke-46. Bayern lebih menguasai lapangan dengan sejumlah variasi serangan, namun sulit menembus pertahanan kuat Real Madrid.

Menit ke-63 pemain Bayern James Rodriguez berhasil menyamakan kedudukan dengan golnya dengan tendangan jarak dekat setelah serbuan Robert Lewandowsky dapat dihadang kiper Real, namun hasil imbang 2-2 tidak cukup bagi klub Jerman itu untuk meraih tiket ke final.

Real Madrid yang tengah memburu trofi Liga Champions yang ketiga kalinya berturut-turut, pada babak final akan menghadapi pemenang semifinal lainnya antara Liverpool dan AS Roma Rabu malam (Kamis dinihari WIB). Pertandingan final Liga Champions 2018 dijadwalkan berlangsung pada 27 Mei di Kiev, Ukraina. (ant)