JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Inovasi baru persembahan dari  Sriwijaya Air Grup bernama SJ Travel Pass diluncurkan di Jakarta, Rabu (2/5). Dengan hanya Rp 12 juta, pemegang SJ Travel Pass dapat terbang bebas sepuasnya selama 365 hari atau satu tahun penuh dengan Sriwijaya Air atau NAM air. “Tanpa limit tanpa batas, kemudahan dan keleluasaan tanpa batas. Ibaratnya, pemegang SJ Travel Pass adalah pemegang saham kami selama satu tahun,” jelas Direktur Komersial Sriwijaya Air Grup Toto Nursatyo di Jakarta, Rabu (2/5).

Inovasi ini, menurut Toto, didasari pengalaman bahwa tiga tahun terakhir saja hanya sekitar 85 persen seat yang terisi. Pihaknya berpikir bahwa seat yang tak terpakai itu mau diapakan, sampai akhirnya program ini diluncurkan. “Ini dibuat sebagai membership, pada akhirnya akan terbentuk sebagai pengguna tetap,” kata Toto.

Pembentukan ini juga sebagai bagian dari peningkatan load factor, karena Sriwijaya Air Grup masih memiliki bangku kosong hingga 15 persen. “Tiga tahun terakhir, jumlah penumpang kami rata-rata pertahun mencapai 12,5 juta penumpang,” tuturnya.

Apalagi, kata Toto, jumlah traveler juga meningkat terutama kalangan milenial. “Berdasarkan data yang diperoleh bahwa milenial market rata-rata 50 persen kebutuhannya adalah traveling,” ungkap Toto.

Di lain pihak, kata dia, ingin memunculkan pelanggan baru dari jumlah penumpang setia yang ada. “Pada SJ Travel Pass, ada 64 destinasi domestik dan 375 penerbangan sehari yang bisa dipilih, tidak ada black out day, jadi kapan pun, kemanapun rute domestik, bebas dilakukan pemegang kartu,” ungkap Toto. (son)