JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Dassault Systèmes menghadirkan 3DEXPERIENCE Twin Industry Solution untuk Perencanaan Pengembangan Lapangan (FDP) Minyak dan Gas di Indonesia. 3DEXPERIENCE Twin merupakan sebuah inovasi kilang virtual real life yang dapat dilihat di Stan No. M32 di ajang Indonesian Petroleum Association (IPA) Convention & Exhibition 2018.

Country Manager Indonesia, Dassault Systèmes, Adi Avianto menyatakan, ini pertama kalinya mereka mengikuti ajang IPA.

“Kami hadir di sini karena saat ini tengah menyasar wilayah ini. Sekarang ini kita sangat dominan di transportasi, aerospace, maupun di pertambangan, target kita di sini agar bisa masuk dalam industry migas itu. Target konsumernya sendiri, terus terang kalau di Indonesia pemain besarnya pasti Pertamina. Tapi kalau kita lihat pemain-pemain yang sudah ada sebagian sudah menggunakan platform Dassault Systèmes,” ungkap Adi Avianto, di Jakarta (3/5).

Sementara itu terkait FDP, Adi menilai hal itu merupakan proses bisnis yang sangat kompleks, melibatkan banyak pemangku kepentingan lintas disiplin ilmu, seperti geofisika, geologi, teknik, operasi dan pemeliharaan aset, dan mengelola sejumlah besar informasi dan data. Keberhasilan integrasi informasi dan data ini sering menjadi faktor utama dalam mendapatkan value yang ada pada aset-aset Migas.

3DEXPERIENCE Twin dari Dassault Systèmes merupakan suatu virtual 3D kembar atau replika dari elemen dan dinamika lapangan migas, yang menawarkan pendekatan Single Source of Truth bagi FDP, dengan mengintegrasikan dan memetakan semua informasi lapangan dan data real-time dalam lingkungan virtual 3D.

Pendekatan ini menghadirkan satu tampilan 3D yang terpadu dari semua operasional lapangan kepada tim yang multidisiplin, sehingga mereka dapat berkolaborasi, merencanakan, mensimulasikan, serta memprediksi kinerja nyata fasilitas lapangan secara virtual, sebelum instalasi sesungguhnya.

Dengan pemahaman yang lebih dalam tentang kinerja aset potensial pada awal proses FDP, perusahaan-perusahaan Migas kemudian dapat dengan cepat mendeteksi dan menyelesaikan masalah, lebih taat pada persyaratan regulasi, dan mengeksplorasi alternatif-alternatif yang akan membantu mengoptimalkan nilai aset.

3DEXPERIENCE Twin Industry Solution dari 3DEXPERIENCE Platform dari Dassault Systèmes yang membantu industri menciptakan inovasi-inovasi berkelanjutan untuk menyelaraskan produk, alam, dan kehidupan.

3DEXPERIENCE Platform dari Dassault Systèmes mengumpulkan data dan informasi lintas fungsi dan rantai pasokan dengan teknik visualisasi virtual 3D pada satu platform kolaboratif guna mengembangkan tool dan layanan yang memberdayakan perusahaan-perusahaan untuk memodelkan dan mensimulasikan skenario bisnis dan interaksi lintas pemangku kepentingan yang bervariasi. Kolaborasi multidisiplin ini pada akhirnya akan menghasilkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan waktu pengembangan yang lebih singkat.

Dassault Systemes memiliki pengalaman yang luas untuk menghadirkan kinerja aset yang dioptimalkan melalui penerapan 3DEXPERIENCE Platform.

Pemerintah Australia Selatan telah bermitra dengan Dassault Systèmes untuk mengembangkan Galangan Kapal Virtual pertama di Australia, suatu galangan kapal seperti realitas melalui teknologi 3DEXPERIENCE Twin, di mana para kontraktor pertahanan berkolaborasi, merencanakan dan memvisualisasikan konstruksi dan pembangunan kapal angkatan laut di lingkungan virtual 3D, sebelum menerapkannya di galangan kapal yang sebenarnya untuk mengkonstruksi blok, memperlengkapi, fabrikasi dan perakitan. Hal ini memungkinkan fase desain dan produksi kapal angkatan laut dimonitor dan ditinjau guna menghindari biaya yang tidak diperlukan. (grd)