JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Maskapai nasional Garuda Indonesia bersinergi bersama Polri dan Badan Narkotika Nasional (BNN) menyuarakan komitmen deklarasi bersama dalam mendukung pemberantasan narkoba dan kampanye anti hoax. Deklarasi bersama tersebut dilaksanakan langsung oleh Dirut Garuda Indonesia Pahala N. Mansury bersama Kadiv Humas Irjen Pol Setyo Wasisto dan Kepala BNN Heru Winarko di Jakarta, Rabu (2/5).

Kegiatan deklarasi anti narkoba dan anti hoax tersebut merupakan bagian dari komitmen bersama  dalam mendukung pemberantasan narkoba, serta menjadi upaya dalam meningkatan pemahaman masyarakat akan pentingnya edukasi tentang kampanye anti hoax.

Pahala mengungkapkan, deklarasi ini  merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung upaya seluruh pemangku kepentingan terkait dalam memastikan masyarakat teredukasi dengan baik akan pentingnya kesadaran bahaya narkoba dan penyebaran berita hoax saat ini. “Sebagai penyedia jasa transportasi udara tentunya kami sadari bahwa kami juga memiliki peranan signifikan dalam mendukung upaya seluruh pihak dalam mencegah masuknya akses penyebaran narkoba khususnya melalui jalur penerbangan internasional maupun domestik”, jelas Pahala

Selain itu, kata dia, melalui komitmen deklarasi anti hoax ini kami secara aktif akan terus mengedukasi seluruh jajaran operasional dan karyawan akan pentingnya mengetahui pemahaman dan tatalaksana dalam menyikapi penyebaran berita hoax.

Sementara itu Setyo Wasisto mengapresiasi Garuda Indonesia sebagai maskapai national flag carrier yang berinisiatif berperan aktif dalam mendukung upaya bersama melalui kampanye anti hoax khususnya melalui edukasi seluruh jajaran manajamen, operasional, dan karyawan akan pentingnya pemahaman dalam menyikapi pemberitaaan hoax.

Setyo menambahkan, penyebaran berita Hoax yang marak terjadi saat ini dinilai bisa menjadi ancaman serius bagi stabilitas nasional, dan ekonomi bangsa Indonesia. Untuk itu, kesadaran akan pentingnya menyaring peredaran informasi secara tepat guna menjadi penting untuk diketahui dan dipahami oleh seluruh pihak. Selain itu masyarakat juga harus semakin jeli dalam menyikapi peredaran pemberitaaan hoax yang kini marak terjadi pada lini digital dan social media,” tutup Setyo

Adapun Kepala BNN Heru Winarko juga turut menyampaikan dukungan atas komitmen Garuda Indonesia dalam mendukung pemberantasan narkoba. “Sebagai maskapai penerbangan terdepan di Indonesia, Garuda Indonesia punya peran penting untuk melakukan pengawasan arus transportasi udara baik penumpang maupun barang, khususnya terhadap akses jalur penerbangan yang riskan akan penyelundupan narkoba”, jelas Heru.

Sejak tahun 2015 lalu, BNN bersama Garuda Indonesia terus melakukan sinergi dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Melalui komitmen bersama tersebut Garuda Indonesia turut berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan diseminasi informasi dan advokasi di bidang P4GN, pelaksanaan pemeriksaan tes uji Narkoba, dan pembinaan dalam pembentukan kader anti penyalahgunaan Narkoba. (son)